Kamis 25 Nov 2021 07:08 WIB

Kemenag Buka Pelatihan Mentoring Moderasi Beragama 2021

Acara pembukaan dihadiri oleh Duta Harmoni 2021

Kementerian Agama membuka Pelatihan Mentoring Moderasi Beragama Tahun 2021, Rabu (24/11).
Foto: istimewa
Kementerian Agama membuka Pelatihan Mentoring Moderasi Beragama Tahun 2021, Rabu (24/11).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Agama membuka Pelatihan Mentoring Moderasi Beragama Tahun 2021, Rabu (24/11). Para peserta Duta Harmoni 2021 menunjukkan aksinya menampilkan budaya daerah masing-masing.

Acara pembukaan dihadiri Duta Harmoni 2021 yang berjumlah 50 orang. Hadir pula dalam acara ini Menteri Agama 2014-2019 yakni KH Lukman Hakim Saifuddin, Direktur Jenderal Pendidikan Islam Prof Dr Muhammad Ali Ramdhani, S.TP, M.T, Direktur KSKK Madrasah Kementerian Agama Republik Indonesia, Prof Dr H Moh Isom, M.Ag.

Baca Juga

Dalam keterangan pers yang diterima, Kamis (25/11), penampilan Duta Harmoni ini beragam mulai dari lagu daerah hingga tarian daerah. Untuk menyemarakkan acara malam budaya ini, para peserta pelatihan memakai baju daerah masing-masing.

Sebagai contoh, ada Duta Harmoni yang berpantun, geguritan hingga gurindam 12. Sebagai informasi, para peserta yang tidak lain adalah Duta Harmoni 2021 berasal dari berbagai daerah di Indonesia mulai dari Aceh, Kalimantan, Jawa, Bali, Sulawesi, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur hingga Papua.

 

Adanya acara malam budaya ini menjadi upaya agar para peserta semakin mencintai budaya daerah dan mampu menampilkan budaya daerahnya diaman saja berada. “Adanya penampilan budaya ini menjadi bagian penting dalam penguatan karakter moderat agar setiap peserta makin memahami dan mencintai budaya daerahnya. Cinta budaya daerah atau budaya lokal juga menjadi salah satu aspek penting penguatan karakter moderat,” kata Direktur Jenderal Pendidikan Islam Prof. Dr. Muhammad Ali Ramdhani, S.TP, M.T mengomentari penampilan para peserta.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement