Selasa 23 Nov 2021 21:45 WIB

UNP dan LIPIA Bahas Kerja Sama Ilmu Keislaman

Kerja sama llmu keislaman dibahas UNP dan LIPIA.

 UNP-LIPIA bahas kerja sama ilmu keislaman. Foto: Mahasiswi melintas di depan gedung perkuliahan Universitas Negeri Padang (UNP) di Padang, Sumatera Barat, Senin (16/3/2020).
Foto: Antara/Iggoy el Fitra
UNP-LIPIA bahas kerja sama ilmu keislaman. Foto: Mahasiswi melintas di depan gedung perkuliahan Universitas Negeri Padang (UNP) di Padang, Sumatera Barat, Senin (16/3/2020).

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Rektorat Universitas Negeri Padang melakukan kunjungan kerja ke Lembaga Ilmu Pengetahuan Islam dan Arab (LIPIA) di Indonesia yang berpusat di Jakarta guna membahas kerja samameningkatkan kualitas pendidikan terutama yang berkaitan dengan pembelajaran Bahasa Arab dan ilmu keislaman. Rektor Universitas Negeri Padang Prof Ganefri di Padang, Selasa (23/11), mengatakan kunjungan tersebut diprakarsai oleh Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia dengan tujuan untuk membicarakan beberapa kerja sama yang bisa dilakukan oleh kedua pihak.

Sebelumnya, LIPIA juga telah mengirimkan lebih kurang 150 judul literatur berbahasa Arab yang disumbangkan untuk mendukung kegiatan sivitas akademika UNP di Saudi Center. Saudi Center yang berada di UNP akan diresmikan oleh Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia pada Januari 2022.

Baca Juga

Dalam kunjungan ke LIPIA Jakarta pada Senin tersebut, kedatangan Rektor UNP diterima baik oleh Pimpinan LIPIA Jakarta yang baru saja ditugaskan di Indonesia yakni Dr Bandar bin Sa`ad al-Alam. Kunjungan yang berlangsung lebih kurang satu jam tersebut juga membicarakan tentang MoU antara Universitas Negeri Padang dengan Al-Imam University yang merupakan induk dari LIPIA Jakarta yang berpusat di Riyadh, Kerajaan Arab Saudi.

Dengan adanya MoU tersebut, maka Universitas Negeri Padang lebih siap dan leluasa dalam melakukan berbagai kegiatan dengan LIPIA, termasuk rencana pembukaan Cabang LIPIA di Padang.Dalam waktu dekat, Dr Bandar bin Sa`id al-Alam berjanji akan mengunjungi UNP dan ini akan menjadi kunjungan kerjanya pertama kali ke universitas semenjak beliau ditugaskan di Indonesia.

 

"Tentu hal yang demikian menjadi sebuah kehormatan bagi UNP untuk menjamu beliau di Padang dan memberikan pencerahan kepada mahasiswa UNP," kata dia.

Ia berharap, semoga pertemuan ini menjadi pertemuan yang diberkahi sehingga mampu memberikan kebaikan bagi masa depan UNP dan masyarakat muslim Sumatera Barat.Dipenghujung kegiatan, Dr. Bandar bin Sa`id al-Alam menyerahkan tanda mata kepada Rektor UNP berupa sebuah kaligrafi yang bertuliskan Ganefri dalam Bahasa Arab yang ditulis tangan oleh seorang kaligrafer handal di sana.

Selain itu, ia juga menyerahkan plakat kenang-kenangan. Selanjutnya Rektor dan segenap tamu undangan disuguhi makan siang dengan menu Arab Saudi dan ditutup dengan foto bersama.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement