Senin 22 Nov 2021 10:00 WIB

Islamofobia dan Dampaknya pada Kesehatan Mental Muslim

Dampak Islamofobia pada individu dan komunitas Muslim sebagian besar diabaikan.

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Ani Nursalikah
Islamofobia dan Dampaknya pada Kesehatan Mental Muslim. Pemakaman Keluarga Muslim Kanada Dihadiri Ratusan Pelayat. Pemakaman keluarga Muslim korban islamofobia di Islamic Centre of Southwest Ontario, London, Ontario, Kanada dihadiri ratusan pelayat, Sabtu (12/6). Tampak peti mati keluarga Afzaal yang dibungkus bendera Kanada.
Foto:

Trauma ini dapat bermanifestasi dalam tindakan individu dalam berbagai cara. Penelitian menunjukkan bagaimana orang yang kerap mengalami pelecehan atau menjadi korban kejahatan kebencian merasa perlu untuk menyingkirkan identitas agama mereka (misalnya, jilbab untuk wanita Muslim dan serban untuk laki-laki Sikh) atau berhenti hadir di tempat ibadah mereka.

Sementara itu, Olatunji mengatakan ada persiapan psikologis yang harus dilakukan saat meninggalkan rumah. Hal itu didasarkan pada pengalamannya sendiri sebagai Muslim kulit hitam.

"Bagi saya sebagai Muslim kulit hitam, saya memiliki persimpangan yang bersilangan, menjadi Muslim, menjadi orang kulit hitam, di mana identitas ras dan identitas agama saya adalah hal-hal yang ditargetkan dengan cara yang berbeda," ujarnya, dilansir di The New Arab.

Annie Hadi, yang sekarang menjadi dokter terlatih keluarga, berbagi cerita dia tengah belajar di Universitas Toronto ketika serangan 9/11 terjadi. Ia menunjukkan bagaimana dia mempertanyakan keputusannya untuk terus mengenakan jilbab karena dia khawatir akan keselamatannya.

Hadi, yang memiliki minat khusus dalam geriatri dan psikiatri juga menunjukkan hambatan keuangan yang substansial untuk mencari bantuan di banyak komunitas Muslim imigran. Menurutnya, pendanaan harus ditingkatkan.

Dia lebih lanjut menunjukkan perjuangan yang ada bagi umat Islam yang mencari bantuan baik di dalam maupun di luar ruang Muslim. Ia mengatakan, di negara-negara non-Muslim, konteks budaya dan agama dari seorang Muslim yang mencari perawatan kesehatan mental seringkali tidak dipahami dengan baik dan dengan demikian kurang efektif.

photo
Puluhan perempuan Muslim dan non-Muslim mengenakan jilbab dalam acara bertemakan Hijabs for Harmony - (About Islam)

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement