Selasa 09 Nov 2021 21:25 WIB

Timur Tengah Diprediksi Alami Suhu 60 Derajat Celsius

Suhu panas super ekstrem mendesak inovasi adaptasi jamaah haji.

Rep: Alkhaledi Kurnialam/Meiliza Laveda/Kiki Sakinah/ Red: Ani Nursalikah
Timur Tengah Diprediksi Alami Suhu 60 Derajat Celsius. Lebih dari 2,7 juta pohon ditanam di Timur Arab Saudi.
Foto:

Dengan pemanasan bumi yang terus berjalan, langkah-langkah adaptasi yang mahal akan diperlukan. “Adaptasi sangat penting untuk kelangsungan hidup generasi mendatang di bawah perubahan iklim,” kata Mercogliano.

Lebanon sedang mengembangkan danau di bukit untuk melestarikan dan menyimpan air irigasi. Di Mesir, upaya sedang dilakukan untuk membangun pemecah gelombang untuk melestarikan lahan basah dan instalasi pesisir dari intrusi air laut. Di Yordania, air limbah yang diolah sekarang digunakan untuk mengairi daerah pertanian.

“Sebuah proyek di Maroko memberdayakan perempuan untuk memanen air dari kabut, sementara di Yordania ada program memberdayakan perempuan pedesaan untuk membantu mengatasi pertanian dalam konteks perubahan iklim,” kata Mercogliano.

Dampak bagi jamaah haji

Bagi umat Islam di seluruh dunia, berpartisipasi dalam haji di Arab Saudi akan membutuhkan inovasi yang sangat adaptif untuk melindungi jamaah dari kondisi panas. Diperkirakan dua hingga tiga juta Muslim melakukan haji setiap tahun dengan masing-masing menghabiskan 20-30 jam di luar ruangan selama periode lima hari.

“Tingkat stres panas bisa melebihi ambang batas bahaya yang ekstrem,” kata Zittis, tentang haji ke Makkah di masa depan.

Namun, langkah-langkah adaptasi hanya....

photo
Sebuah foto selebaran yang disediakan oleh Kementerian Haji dan Umrah Saudi menunjukkan jamaah haji mengenakan masker pelindung wajah, berdoa di Jabal al-Rahmah (Bukit Rahmat) pada Hari Arafah, sebagai bagian dari ritual penting ziarah haji tahunan di kota tenda Arafat, Arab Saudi, 19 Juli 2021. - (EPA-EFE/SAUDI HAJJ AND UMRAH MINISTRY )

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement