Selasa 09 Nov 2021 21:25 WIB

Timur Tengah Diprediksi Alami Suhu 60 Derajat Celsius

Suhu panas super ekstrem mendesak inovasi adaptasi jamaah haji.

Rep: Alkhaledi Kurnialam/Meiliza Laveda/Kiki Sakinah/ Red: Ani Nursalikah
Timur Tengah Diprediksi Alami Suhu 60 Derajat Celsius. Lebih dari 2,7 juta pohon ditanam di Timur Arab Saudi.
Foto:

Penulis utama studi tersebut George Zittis mengatakan, kelembapan yang lebih tinggi dari peningkatan penguapan laut di sekitarnya akan meningkatkan bahaya. “Tekanan panas selama musim panas akan mencapai atau melebihi ambang batas kelangsungan hidup manusia, setidaknya di beberapa bagian wilayah dan untuk bulan-bulan terpanas,” kata Zittis.

Pusat-pusat kota besar di sekitar Teluk, Laut Arab, dan Laut Merah, seperti Dubai, Abu Dhabi, Doha, Dhahran, dan Bandar Abbas semuanya akan lebih sering mengalami suhu yang parah. “Kota-kota tersebut akan merasakan peningkatan efek pulau panas dan sebagian besar ibu kota di Timur Tengah dapat menghadapi empat bulan hari yang sangat panas setiap tahun,” menurut Bank Dunia.

Bencana yang belum pernah terjadi sebelumnya

Sekitar 70 persen dari negara-negara yang paling mengalami kesulitan air di dunia berada di MENA. Saat iklim semakin menghangat, dampak sosial dan ekonomi akan semakin parah.

Saat ini, ada lebih dari 12 juta orang di Suriah dan Irak kehilangan akses ke air, makanan dan listrik karena kenaikan suhu, rekor tingkat curah hujan yang rendah, dan kekeringan. Hal inilah yang membuat orang-orang di seluruh wilayah kekurangan air minum dan kesulitan pertanian.

Suriah saat ini menghadapi kekeringan terburuk dalam 70 tahun. Kelompok-kelompok bantuan menggambarkan situasi tersebut sebagai bencana yang belum pernah terjadi sebelumnya.

“Potensi intensifikasi gelombang panas....

photo
Ilustrasi kekeringan di Afrika - ( AP /Farah Abdi Warsameh)

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement