Kamis 04 Nov 2021 14:15 WIB

Shama Haider, Muslim Pertama Anggota Legislatif New Jersey

Lebih dari 30 Muslim mencalonkan diri untuk jabatan di seluruh New Jersey.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Shama Haider, Muslim Pertama Anggota Legislatif New Jersey. Shama Haider (tengah) adalah wanita muslim pertama yang menjabat sebagai legislator negara bagian New Jersey, Amerika Serikat (AS).
Foto:

Aktivismenya berawal dari masa mudanya di Pakistan ketika dia masih mahasiswa yang memprotes kediktatoran militer sebagai bagian dari Partai Rakyat Pakistan yang progresif. Kemudian, dia menjadi sekretaris ibu negara Pakistan, Begum Nusrat Bhutto.

Haider datang ke AS pada 1977, menetap di Bergen County. Dia menggalang dana untuk organisasi nirlaba yang mendukung seni di sekolah dan merupakan ketua partai Demokrat Tenafly. Selama bertahun-tahun dia juga bertugas di komisi kabupaten dan kota yang berfokus pada wanita, layanan manusia, lingkungan, dan pengembangan bisnis. 

Sebagai anggota dewan, kata Haider, dia ingin fokus pada lingkungan dan energi terbarukan serta pengajaran tentang keragaman dan budaya di sekolah untuk mempromosikan toleransi. Haider adalah salah satu dari tiga Muslim yang mencalonkan diri untuk jabatan negara bagian di New Jersey, semua keturunan Pakistan.

Demokrat Sadaf Jaffer, mantan wali kota Montgomery, kalah dalam persaingan ketat di distrik Majelis ke-16 di pusat kota New Jersey. Di Kabupaten Hudson, Senator Brian Stack, seorang Demokrat, mengalahkan Agha Khan dari Partai Republik yang beragama Islam. Stack menerima sekitar 85 persen dari total suara.

Lebih dari 30 Muslim mencalonkan diri untuk jabatan di seluruh New Jersey dalam pemilihan negara bagian dan lokal. Haider mengatakan itu adalah tren yang dia harapkan akan berlanjut di negara bagian di mana tiga persen dari populasi mengidentifikasi diri sebagai Muslim. 

"Jawabannya adalah untuk mendapatkan lebih banyak Muslim terpilih, lebih banyak pria dan lebih banyak wanita sehingga orang terbiasa. Jadi, mereka bukan orang yang aneh dan bukan satu orang di sini atau di sana. Keterlibatan tidak boleh berhenti pada pencalonan. Anda harus mendukung kandidat yang tepat. Anda harus terlihat dan aktif di masyarakat," kata Haider.

https://www.northjersey.com/story/news/2021/11/03/37th-district-assembly-election-results-shama-haider-first-muslim/6240118001/

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement