Senin 18 Oct 2021 05:01 WIB

Media Rusia Tuding Inggris Terlibat Dalam Pembantaian 1965

Propaganda Inggris menghasut pembantaian massal komunis di Indonesia pada 1965.

Sebuah demonstrasi anti-Komunis di ibukota Indonesia Jakarta pada bulan Oktober 1965.
Foto: Rt.com
Sebuah demonstrasi anti-Komunis di ibukota Indonesia Jakarta pada bulan Oktober 1965.

REPUBLIKA.CO.ID, -- Kampanye propaganda Inggris menghasut pembantaian massal komunis di Indonesia pada 1960-an, ungkap surat kabar yang tidak diklasifikasikan

Mata-mata Inggris berperan dalam pembunuhan massal anggota Partai Komunis Indonesia (PKI) pada tahun 1960-an. Mereka ternyata juga mendesak penduduk setempat, termasuk jenderal militer, untuk “membasmi” “kanker komunis”, seperti terungkap surat kabar yang tidak diklasifikasikan.

Seperti di lansir media Rusia, ˆ, penumpasan brutal Tentara Indonesia terhadap PKI pada tahun 1965 dan 1966 dianggap sebagai salah satu pembunuhan massal terburuk abad ke-20. Menurut beberapa perkiraan, antara 500.000 dan tiga juta pendukung Partai Komunis dibantai.

Dokumen Kantor Luar Negeri yang tidak diklasifikasikan, yang baru-baru ini dirilis oleh Arsip Nasional Inggris dan dilihat oleh surat kabar z, menunjukkan bahwa Inggris bukannya tanpa kesalahan dalam peristiwa mengejutkan itu.

Selama ini kantor Luar Negeri Inggris selalu membantah keterlibatan negara itu dalam tindakan brutal terhadap mereka yang dituduh memiliki hubungan komunis di Indonesia. Tetapi ternyata London memfokuskan mesin propagandanya pada Presiden Indonesia Sukarno dan pendukung komunisnya atas penentangan keras pemimpin tersebut terhadap Federasi Malaya, yang menurut Inggris harus menyatukan bekas jajahannya di wilayah tersebut.

Baca juga : Palestina Kecam Pembangunan Stasiun Bus Israel di Nablus

Ketegangan antara PKI dan militer Indonesia memang telah meningkat sejak awal 1960-an. Presiden Sukarno berjuang untuk menyeimbangkan kekuatan saingan. Pembantaian komunis yang disponsori tentara dimulai setelah upaya kudeta yang gagal oleh para pendukung Sukarno di dalam jajaran tentara pada 1 Oktober 1965.

Beberapa bulan sebelum peristiwa itu terjadi. seperti dikutip The Guaridan, tim spesialis dari Departemen Riset Informasi (IRD) Kantor Luar Negeri telah dikerahkan di Singapura untuk menghasilkan propaganda hitam untuk melemahkan pemerintahan Sukarno. Kudeta yang gagal hanya memudahkan para propagandis untuk mempengaruhi audiens yang mereka tuju, termasuk politisi anti-komunis dan jenderal-jenderal tentara Indonesia.

Propaganda tersebut disebarkan melalui buletin berbahasa Indonesia, yang konon merupakan karya para imigran Indonesia, namun sebenarnya dikeluarkan oleh pakar Inggris di Singapura. Dalam setahun, sekitar 28.000 eksemplar buletin telah diterbitkan. Selain itu, Inggris juga mendanai sebuah stasiun radio, yang disiarkan oleh orang Malaysia ke Indonesia.

Tak lama setelah pembantaian komunis oleh militer dimulai, buletin yang diproduksi Inggris menyerukan “PKI dan semua organisasi komunis” untuk “dihilangkan.” Ia mengklaim bahwa Indonesia akan tetap dalam bahaya “selama para pemimpin komunis masih buron dan pangkat dan anggota mereka dibiarkan tanpa hukuman.”

“Penundaan dan tindakan setengah hati hanya dapat menyebabkan… kehancuran kita yang paling akhir dan menyeluruh,” para penulis pamflet itu memperingatkan para pembacanya.

Usai kudeta PKI yang gagal itu, pembunuhan itu diduga meningkat di seluruh kepulauan Indonesia dalam beberapa minggu setelah penerbitan buletin.,The Guardian bersikeras bahwa “tidak ada keraguan bahwa diplomat Inggris menyadari apa yang terjadi.”

Baca juga : Ini Dua Langkah Pemerintah Turunkan Angka Kemiskinan Ekstrem

Mata-mata Inggris di wilayah tersebut memiliki segala cara untuk mencegat komunikasi pemerintah Indonesia dan memantau pergerakan militernya, menurut surat kabar tersebut. Salah satu buletin, yang dirilis selama tindakan keras terhadap komunis, memuji "dinas perang dan polisi" karena "melakukan pekerjaan yang sangat baik."

Para propagandis Inggris membandingkan PKI dengan Adolf Hitler dan Jenghis Khan dalam pamflet, dan bersikeras bahwa “pekerjaan yang dimulai oleh tentara harus dilanjutkan dan diintensifkan.”

https://www.rt.com/uk/537711-propaganda-indonesia-communists-massacre/

 

sumber : Rt,com
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement