Ahad 03 Oct 2021 07:25 WIB

Ustadz Amir Faisol: Muslim Wajib Kaya Harta, tapi…

Kejujuran adalah kunci kesuksesan seseorang.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Ani Nursalikah
Ustadz Amir Faisol: Muslim Wajib Kaya Harta, tapi…
Foto:

Bahaya bagi mereka yang tak bertaubat

Di sisi lain, dia menyampaikan, umat Islam dapat mengambil hikmah dari apa yang Allah sebutkan dalam Surah Ali Imran. Salah satunya adalah dengan bertaubat dan mengenali serta mengakui dosa-dosa yang telah diperbuat.

Sebab, kata Ustadz Amir, dosa-dosa yang melekat dalam jiwa manusia dapat membuat seseorang melakukan hal-hal maksiat lainnya. Ibarat kaca jendela, setiap hari debu akan hinggap di kaca tersebut. Maka kaca yang dihinggapi debu itu sudah seyogyanya dilap dan dibersihkan setiap hari agar tidak buram dan pada akhirnya pemandangan di luar jendela tidak bisa nampak.

“Kalau kaca jendela tidak dilap setiap hari, ditunggu seminggu, sebulan, setahun, maka debu yang hinggap itu akan melekat, akan pekat. Akhirnya kaca itu rusak dan fungsinya hilang dalam melihat pemandangan dan memberikan kesejukan udara dari luar,” kata dia.

Hati pun demikian. Ustadz Amir Faisol menjelaskan dosa itu layaknya debu. Maka apabila seseorang yang jatuh dalam kemaksiatan dan perbuatan-perbuatan dosa tidak bertaubat, lambat laun hatinya akan tertutup. Apabila hati telah tertutup, maka Allah SWT akan menutup kesempatan cahaya bagi hatinya.

Hal ini sebagaimana firman Allah dalam Alquran Surah Al-Baqarah ayat 7, “Khatamallahu ala qulubihim wa ala sam’ihim wa ala absharihim ghisyawatun wa lahum adzabun azhim,”. Yang artinya, “Allah telah mengunci mati hati dan pendengaran mereka, dan penglihatan mereka ditutup. Dan bagi mereka siksa yang amat berat,”.

“Kalau hati sudah tertutup, maka nasihat apa pun nggak akan masuk ke hatinya,” ujar dia.

Dia pun mengibaratkan hati yang tertutup kerasnya sama dengan batu. Namun bedanya, batu meski memiliki tekstur yang keras dan pekat, namun dia merupakan benda yang masih memiliki manfaat bagi alam semesta. Namun apabila hati yang sudah mengeras, kata Ustadz Amir, dia sama sekali tidak akan menimbulkan manfaat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement