Jumat 17 Sep 2021 18:42 WIB

China akan Bangun Hotel Hilton di Bekas Masjid Uighur?

China membantah telah menghancurkan situs Islam di Xinjiang

Rep: Mabruroh/ Red: Nashih Nashrullah
China membantah telah menghancurkan situs Islam di Xinjiang. Suasana di Xinjiang
Foto:

"Dalam 12 hari pelaporan selama Ramadhan pada April dan Mei, sebagian besar masjid yang dikunjungi wartawan Reuters telah dihancurkan sebagian atau seluruhnya," kata badan tersebut. 

PBB dan kelompok hak asasi memperkirakan bahwa satu juta orang Uighur dan etnis minoritas lainnya ditahan di kamp-kamp tempat mereka bekerja di Xinjiang. 

China awalnya membantah kamp-kamp itu ada, tetapi kemudian mengatakan bahwa itu adalah pusat kejuruan yang dirancang untuk memerangi ekstremisme. 

China telah membantah tuduhan bahwa mereka menganiaya minoritas Muslim Uighur di Xinjiang, atau bahwa kerja paksa dilakukan di sana. 

Pada Januari, Amerika Serikat mengumumkan larangan impor pada semua produk kapas dan tomat dari Xinjiang atas tuduhan bahwa mereka dibuat dengan kerja paksa oleh orang-orang Uighur. 

Beberapa merek Barat termasuk H&M, Burberry dan Nike telah terkena boikot konsumen di China setelah meningkatkan kekhawatiran tentang dugaan kerja paksa di Xinjiang. China menguasai sekitar 20 persen pasar kapas dunia dan 85 persen kapasnya berasal dari Xinjiang. 

Pada September, kelompok hak asasi manusia mengajukan keluhan kepada jaksa Jerman dengan tuduhan bahwa beberapa pengecer mode mendapat untung dari kerja paksa di wilayah Xinjiang China. 

Pusat Eropa untuk Konstitusi dan Hak Asasi Manusia (ECCHR) yang berbasis di Berlin menuduh Lidl, Hugo Boss, dan pengecer lain bersekongkol dan mengambil untung secara langsung atau tidak langsung dari kerja paksa di industri kapas Xinjiang, menurut pengaduan setebal 96 halaman yang diterima oleh jaksa di Karlsruhe pengadilan federal. 

Kepala Hak Asasi PBB, Michelle Bachelet, mengatakan upaya baru-baru ini untuk mendapatkan akses ke wilayah Xinjiang China untuk menyelidiki laporan pelanggaran serius terhadap Muslim Uighur belum berhasil, menambahkan bahwa dia sedang menyelesaikan laporan tentang situasi tersebut. 

"Saya menyesal tidak dapat melaporkan kemajuan upaya saya untuk mencari akses yang berarti ke Daerah Otonomi Uighur Xinjiang,” kata Bachelet pada pembukaan Dewan Hak Asasi Manusia di Jenewa. 

“Sementara itu, kantor saya sedang menyelesaikan penilaiannya atas informasi yang tersedia tentang tuduhan pelanggaran hak asasi manusia yang serius di wilayah itu, dan bertujuan untuk mempublikasikannya,” katanya. 

 

 

 

Sumber: aljazirah

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement