Jumat 03 Sep 2021 05:10 WIB

30 Peristiwa Penting Pertama Terkait Islam di Amerika

Sebelum abad ke-19, sebagian besar Muslim datang ke negara Barat sebagai budak.

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Ani Nursalikah
30 Peristiwa Penting Pertama Terkait Islam di Amerika. Aktor Mahershala Ali
Foto:

2007: Keith Ellison dari Minnesota disumpah dengan Alquran Thomas Jefferson sebagai anggota Kongres Muslim pertama

2009: Zaytuna College, perguruan tinggi seni liberal Muslim pertama yang terakreditasi di AS, dibuka di Berkeley, California.

2011: The Learning Channel menayangkan All-American Muslim, sebuah reality show yang berpusat di seputar Muslim di Dearborn, Michigan.

2014: Farhan Zadhi dipekerjakan sebagai manajer umum Los Angeles Dodgers, Muslim pertama dalam peran itu dalam waralaba olahraga Amerika mana pun.

2015: Kandidat presiden Donald Trump menyerukan penghentian total Muslim memasuki Amerika Serikat sampai perwakilan negara dapat mengetahui apa yang sedang terjadi.

Agustus 2016: Pada Olimpiade Musim Panas di Rio, pelari Dalilah Muhammad menjadi wanita Muslim Amerika pertama yang memenangkan medali emas. Pemain anggar peraih medali perunggu Ibtihaj Muhammad menjadi atlet Olimpiade AS pertama yang bertanding mengenakan hijab.

September 2016: Riz Ahmed adalah Muslim pertama yang memenangkan Emmy dalam kategori akting utama, untuk serial HBO The Night of.

Januari 2017: Presiden Donald Trump memberlakukan larangan perjalanan dari Irak, Somalia, Sudan, Libya, Iran, Suriah dan Yaman, semua negara mayoritas Muslim.  Penggantinya, Joe Biden, mencabut larangan itu pada hari pertamanya menjabat pada 2021.

April 2017: Mahershala Ali menjadi aktor Muslim pertama yang memenangkan Academy Award, untuk penampilan pendukungnya di Moonlight.

November 2018: Ilhan Omar dari Minnesota dan Rashida Tlaib dari Michigan menjadi wanita Muslim pertama yang terpilih menjadi anggota Kongres. Juga, Keith Ellison terpilih sebagai jaksa agung Minnesota, Muslim pertama yang memenangkan jabatan terpilih di seluruh negara bagian.

photo
Anggota Kongres AS yang mewakili Minnesota, Ilhan Omar di Capitol Hill, Washington, 6 Maret 2019. - (AP Photo/J. Scott Applewhite)
 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement