Jumat 03 Sep 2021 05:10 WIB

30 Peristiwa Penting Pertama Terkait Islam di Amerika

Sebelum abad ke-19, sebagian besar Muslim datang ke negara Barat sebagai budak.

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Ani Nursalikah
30 Peristiwa Penting Pertama Terkait Islam di Amerika. Aktor Mahershala Ali
Foto:

1962: Omar Sharif adalah aktor Muslim pertama yang dinominasikan untuk Academy Award, untuk penampilan pendukungnya di Lawrence of Arabia. (Dia kalah dari Ed Begley dari Sweet Bird of Youth.)

1964: Muhammad Ali, di bawah bimbingan Malcolm X, mengumumkan masuk Islam.

1965: Presiden Lyndon Johnson menandatangani Undang-Undang Keimigrasian dan Kebangsaan, yang secara signifikan memperluas kemampuan orang-orang dari negara-negara mayoritas Muslim beremigrasi ke AS.

1967: Muhammad Ali menolak dilantik menjadi Angkatan Darat AS dengan alasan keberatan agama dan gelar kelas beratnya dicopot.

1991: Charles Bilal terpilih sebagai wali kota Kountze, Texas, sebuah kota dengan sekitar 2.000 penduduk, menjadi Muslim pertama yang terpilih menjalankan sebuah kotamadya Amerika.

1996: First Lady Hillary Clinton menyelenggarakan buka puasa pertama, makan malam untuk memulai Ramadhan. Presiden Bush dan Obama melanjutkan tradisi tersebut;  Trump tidak.

11 September 2001: Sembilan belas anggota kelompok Alqaidah menabrakkan empat pesawat di New York, Pennsylvania dan Pentagon.

17 September 2001: Presiden George W. Bush mengunjungi Islamic Center di Washington D.C. mendesak Amerika  tidak menyalahkan semua Muslim atas serangan 9/11.

2003: AS menginvasi Irak dan menggulingkan Saddam Hussein dengan alasan, yang kemudian dibantah, bahwa ia memiliki pabrik senjata kimia terlarang dan koneksi ke Alqaidah.

2005: Islamic Center of America, masjid terbesar seluas 120 ribu kaki persegi di Amerika Utara, dibuka di Dearborn, Michigan.

photo
Foto yang diberikan Sports Illustrated pada Sabtu (4/6), menunjukkan kover terbaru mengenang petinju sepanjang masa Muhammad Ali. Foto tersebut diambil pada 9 Oktober 1970 saat Ali berlatih di Miami Beach. - (Sports Illustrated via AP)

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement