Sabtu 28 Aug 2021 02:44 WIB

Sejarah Panjang Khasmir dan Datangnya Islam

Islam telah datang ke Kashmir jauh sebelum tahun 1320.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Agung Sasongko
Muslim Khasmir
Foto:

Selanjutnya, upaya sadar dan berkelanjutan dilakukan untuk mendekati Islam puritan ke tingkat optimal oleh para sarjana agama berikutnya. Termasuk juga kalangan Sufi dan berbagai gerakan dan organisasi kebangkitan Islam yang dipimpin oleh ideolog Muslim yang berpengalaman dan berkualifikasi tinggi dari berbagai pemikiran keagamaan.

Ulama setelah memperoleh pendidikan Islam tertinggi dari Universitas Azhar Mesir, Madinah dan Universitas Um al Qura Arab Saudi dan Darul Uloom Deoband dan Darul Uloom Nadwatul Ulama Lucknow, MadrasatulIslah dan Jamiatul Falah Azamgarh dll telah banyak berkontribusi pada proses Islamisasi ini secara substansial dan masih berkontribusi untuk hal itu secara sembunyi-sembunyi.

Dengan semua aspek lama dan baru dari Islamisasi Kashmir, ciri klasik etos Islam di Kashmir masih utuh dan dapat ditemukan tambatan spiritual Islam telah menarik Muslim Kashmiri lebih dari dimensi lain dari weltanschauung Islam yang holistik. Kini Muslim Kashmir mencoba menyerap dan mengasimilasi dimensi spiritual dan duniawi Islam dalam kehidupan mereka dalam persamaan yang sangat harmonis dan secara eklektik seimbang.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement