Jumat 27 Aug 2021 19:45 WIB

Rp555 Juta Donasi Pembaca Republika untuk Palestina

Donasi pembaca Republika untuk ambulans, masjid, dan perpustakaan

Rep: Fuji E Permana/ Red: Nashih Nashrullah
Pemimpin Redaksi Republika Irfan Junaidi (kedua kiri) menyerahkan bantuan kepada Ketua Presidium Medical Emergency Rescue Committee (MER-C) Sarbini Abdul Murad (kedua kanan), Direktur Aman Palestin Indonesia  Miftahuddin Kamil (kanan) dan Ketua Umum Aksi Insan Nusantara Doddy C.H Putra (kiri) di kantor Republika, Jakarta, Jumat (27/8). Republika menyalurkan bantuan dari pembaca Republika kepada sejumlah lembaga kemanusian untuk disalurkan dalam bentuk kendaraan ambulan, perpustakaan, dan alat penunjang pendidikan untuk 300 anak di Palestina. Republika/Thoudy Badai
Foto:

Pemred Republika berharap melalui tiga program ini, para donatur atau pembaca Republika mendapatkan pahala yang terus mengalir. Karena program yang diinisiasi Republika ini akan dimanfaatkan warga Palestina dalam waktu yang lama. 

"Kepada pembaca Republika kami ucapkan terimakasih, karena dalam situasi pandemi ini masih berkenan untuk menyisihkan rezekinya untuk membantu saudara kita yang mengalami tekanan di Palestina, mudah-mudahan ini menjadi amal kebaikan yang dibalas Allah SWT dengan kebaikan yang berlipat," ujarnya. 

Irfan juga berharap kebaikan yang dilakukan pembaca Republika menjadi inspirasi bagi semua. Karena dalam kondisi sulit masih tetap bisa melakukan perbuatan baik dengan berbagi serta menguatkan solideritas.

Di tempat yang sama, Pendiri dan Ketua AIN, Ustaz Doddy Cleveland Hidayat Putra, mengatakan, bangsa Indonesia memiliki perhatian yang besar terhadap bangsa Palestina. 

Beberapa waktu yang lalu terjadi peristiwa yang mengejutkan dan menyedihkan, bangsa Palestina mendapatkan perlakuan buruk dari penjajah yakni Israel. Sehingga menimbulkan banyak korban jiwa dan luka-luka dari pihak Palestina. 

"Maka perhatian dari pembaca Republika ini menjadi sebuah oase, bantuan ini Insya Allah akan memberikan manfaat yang besar bagi bangsa Palestina, terimakasih kepada pembaca Republika," kata Ustaz Doddy. 

Direktur Aman Palestin Indonesia, Ustadz Miftahuddin Kamil, juga mengucapkan terimakasih kepada Republika dan pembaca Republika yang luar biasa dukungannya terhadap Palestina. 

Pembaca Republika membantu saudaranya di Palestina dalam bentuk dukungan, bukan hanya moril dan doa tapi juga materil.

"Bantuan pembaca Republika untuk membangun perpusatakaan di Masjid Syekh Ajlin di Gaza," jelas Ustadz Miftahuddin.

Dia menerangkan, Masjid Syekh Ajlin adalah sebuah masjid yang dibombardir Israel pada 2014. Masjid ini salah satu dari 73 masjid yang dibombardir dan rata dengan tanah hingga tidak ada yang tersisa.

Aman Palestin Indonesia sedang membangun kembali masjid tersebut sejak Maret 2021. Desain masjidnya dibuat Ridwan Kamil yang sekarang menjadi Gubernur Jawa Barat. Masjid ini akan memili tingkat dasar, lantai satu dan lantai dua. 

"Di tingkat dasar masjid, ada perpusatakaan umum, sehingga jamaah tidak hanya bisa sholat tapi juga bisa menambah wawasan ilmu dengan membaca buku, ada dananya dari pembaca Republika," jelasnya. 

Ketua Presidium Medical Emergency Rescue Committee (MER-C), Sarbini Abdul Murad, mengatakan Republika sejak dulu sampai dengan sekarang peduli membantu Palestina. MER-C dan Republika memang memiliki visi dan misi yang sama dalam membela Palestina.

 

"Bantuan yang disampaikan Republika dari pembaca Republika, ini bentuk kepedulian masyarakat Indonesia atau kepercayaan masyarakat Indonesia ke Republika," kata Sarbini.    

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement