Senin 16 Aug 2021 05:26 WIB

Penjelasan BPIP Soal Lomba Penulisan Artikel Hormat Bendera

Lomba penulisan artikel BPIP soal hormat bendera sempat dikritik.

Rep: Dea Alvi Soraya/ Red: Muhammad Hafil
 Penjelasan BPIP Soal Lomba Penulisan Artikel Hormat Bendera.  Foto ilustrasi: Sejumlah siswa mengikuti Kirab 76 Bendera Merah Putih di Bugel, Krakitan, Bayat, Klaten, Jawa Tengah, Sabtu (14/8/2021). Kirab dan memasang sebanyak 76 bendera Merah Putih yang diikuti siswa sekolah dasar dan sekolah menengah pertama tersebut bertujuan untuk menyambut HUT ke-76 Republik Indonesia serta menanamkan jiwa nasionalisme kepada generasi muda.
Foto:

Sebelumnya, Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah Prof Syafiq Mughni juga menyebut tema yang diangkat BPIP tidak menarik. "Dua hal itu tidak lagi problematik sehingga tidak menarik didiskusikan," kata Prof Mughni saat dihubungi Republika, Sabtu (14/8). 

Dalam poster yang beredar di media sosial, lomba yang diadakan BPIP ini diketahui mengangkat dua tema utama. Tema yang dimaksud, yaitu 'Hormat Bendera Menurut Hukum Islam' dan 'Menyanyikan Lagu Kebangsaan Menurut Hukum Islam'.

Ia pun menyebut hormat bendera dan menyanyikan lagu kebangsaan sudah tidak lagi menjadi masalah di masyarakat, khususnya umat Islam. Tema lomba dinilai seharusnya memiliki makna yang signifikan, terhadap problematika kehidupan berbangsa dan bernegara. Tema-tema lain disebut jauh lebih penting dan menarik untuk diangkat.

Beberapa tema yang dinilai jauh lebih penting dan bisa diangkat ini, seperti tema yang berkaitan dengan korupsi, kerusakan moral, hedonisme, serta pragmatisme. Kehancuran lingkungan, isu masalah kemanusiaan dan keadilan tak kalah penting untuk dieksplorasi.

Ia menyebut komponen bangsa secara kolektif dan total, harus bersama-sama memperkokoh Pancasila dan menghadapi ancaman mental dan moral, yang menghancurkan bangsa. "Tema-tema atau pertanyaan lomba harus punya makna signifikan agar tidak ada kesan sekelas dengan TWK di KPK," ucapnya.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement