Sabtu 07 Aug 2021 14:26 WIB

YMSML Kembali Gelar Training Cara Cepat Baca Alquran

YMSML dari Sinar Mas gelar Training of Trainer dalam program Berantas Buta Alquran

 Yayasan Muslim Sinar Mas Land bersama dengan Yayasan Mama Papa kembali menggelar program Berantas Buta Alquran (BBQ) yang kini memasuki tahun ketiga dan sudah menyelenggarakan kegiatan training of trainer(ToT) sebanyak 12 kali kepada para ustaz/ustazah serta guru mengaji.
Foto:

Para ustaz/ustazah yang mengikuti training tersebut mendapatkan pelatihan intensif selama 3 jam menggunakan metode pengajaran Mama Papa. Selama pelatihan, para peserta juga dibekali buku panduan dan alat peraga dalam bentuk salinan digital agar mudah memahami metode tersebut.

Metode Mama Papa merupakan cara cepat membaca Al-Qur’an yang menggunakan pendekatan cerita. Cara bacanya pun hampir mirip dengan membaca Arab Melayu.

Menariknya, huruf-huruf hijaiyah yang berjumlah 29 dikenalkan dengan bahasa sehari-hari sehingga mudah dimengerti bagi mereka yang belajar membaca Alquran.

“Metode ini sangat menyenangkan, bahkan dapat langsung saya ajarkan kepada murid-murid. Mereka dapat dengan mudah mengenal huruf hijaiyah hanya dalam beberapa menit. Terima kasih kepada Yayasan Muslim Sinar Mas Land dan Yayasan Mama Papa yang telah memfasilitasi kegiatan bermanfaat ini serta memberikan kesempatan kepada saya untuk mengikuti pelatihan cara cepat membaca Al-Qur’an ini,” tambah Ustaz M Iqbal Fauzi, perwakilan dari Masjid Darul Muttaqin Bekasi.

Program BBQ Virtual dimulai sejak 2 Mei 2021 dan akan ditutup bertepatan dengan perayaan Hari Santri Nasional yang jatuh pada 20 Oktober. Pada acara tersebut akan diselenggarakan lomba baca Alquran secara virtual antaranak didik dari 50 masjid yang telah mengikuti program BBQ Virtual 2021 kategori usia 7-12 tahun dengan total hadiah sebesar Rp 42 juta.

 

Sebelumnya, Yayasan Muslim Sinar Mas Land menyelenggarakan program BBQ pada 2018 dan 2019 yang diikuti oleh 600 ustaz/ustazah hingga guru mengaji dari 127 masjid dan musala di sekitar kawasan BSD City. Puncak acara BBQ pertama dan kedua ini masing-masing ditutup oleh lomba baca Al-Qur’an dengan metode Mama Papa diikuti oleh 3.000 muridtaman pendidikan Al-Qur’an (TPA) terdiri dari kelompok usia 4-12 tahun di sekitar kawasan BSD City. Program BBQ dilaksanakan sebagai bentuk kegiatan sosial keagamaan bagi masyarakat di sekitar lingkungan proyek Sinar Mas Land.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement