Sabtu 07 Aug 2021 06:08 WIB

Ini Pernyataan Resmi yang Pernah DIsampaikan Bahai

Bahai sudah eksis di Indonesia sejak 1885 Masehi

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Nashih Nashrullah
Bahai (ilustrasi)
Foto:

3. Inti dari ajaran Agama Bahai  adalah keesaan Tuhan, ketunggalan manusia, dan ketunggalan landasan rohani semua agama karena berasal dari sumber surgawi yang satu.

Agama Bahai  memiliki visi perdamaian dunia. Para penganutnya meyakini bahwa setiap orang diciptakan untuk memajukan peradaban manusia yang terus berkembang, dan berjuang dengan segala daya upaya untuk mewujudkan visi perdamaian dunia.

4. Sebagai agama yang independen, Agama Bahai  memiliki Pembawa Wahyunya sendiri yaitu Bahá’u’lláh, dan memiliki Kitab Suci, hukum-hukum serta tata administrasi yang tersendiri juga. Hukum-hukumnya mencakup berbagai aspek keagamaan dan kehidupan, antara lain pengaturan tentang ibadah, perkawinan, pemakaman, dan lain-lain.

5. Agama Bahai  mengajarkan beberapa prinsip rohani dan moral, antara lain kesatuan umat manusia, kesatuan dalam kebhinekaan, penghapusan segala bentuk prasangka termasuk prasangka terhadap suku, agama, ras dan golongan, pencarian kebenaran secara mandiri, kesetaraan hak antara kaum perempuan dan laki-laki, keselarasan antara ilmu pengetahuan dan agama, penghapusan kemiskinan dan kekayaan yang berlebihan, tidak terlibat dalam politik partisan, serta kesetiaan kepada pemerintah sah di negara manapun.

Selain itu Agama Bahai  juga mengajarkan bahwa musyawarah adalah satu-satunya jalan dalam penyelesaian segala urusan pribadi, kemasyarakatan dan kenegaraan.

6. Seluruh kegiatan masyarakat Bahai  berlandaskan pada prinsip-prinsip dan keyakinan- keyakinan tersebut di atas. Inti dari kegiatan-kegiatan tersebut adalah suatu proses pendidikan rohani dan moral bagi berbagai tingkatan usia.

Tujuan kegiatan-kegiatan ini adalah untuk mengembangkan kapasitas dan sifat-sifat rohani yang diperlukan untuk mewujudkan suatu kehidupan pribadi dan masyarakat yang damai dan bersatu.    

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement