Rabu 28 Jul 2021 12:59 WIB

Pandemi, Kurban Prioritas BMM Meningkat

Pekurban meningkat sebesar 73 Persen di Banding Tahun Lalu

Kurban Prioritas BMM
Foto: Dok BMM
Kurban Prioritas BMM

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dalam momentum Idul Adha 1442 H, Laznas Baitulmaal Muamalat (BMM) kembali memfasilitasi kebaikan bagi para mudhohi (pequrban) dalam menjalankan ibadah qurban melalui program Qurban Prioritas.

Dengan fokus distribusi ke daerah terluar, miskin, dan terdampak bencana, BMM menyalurkan amanah hewan kurban dengan menyasar lokasi-lokasi yang kondisi masyarakatnya jarang bahkan belum pernah merasakan makan daging kurban.

Berkat dukungan dan antusiasme masyarakat, baik dari perorangan maupun korporasi atau komunitas lainnya, jumlah pekurban yang mengamanahkan hewan kurbannya melalui BMM mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya yaitu sebesar 73%. Tercatat 2,658 pekurban yang mempercayakan kurbannya melalui BMM.

“Alhamdulillah, walaupun saat ini kita berada di masa sulit dengan adanya pandemi covid-19 dan kebijakan PPKM dari pemerintah, BMM tetap dipercaya oleh masyarakat yang menitipkan hewan qurbannya kepada kami. Dengan berqurban di Lembaga seperti BMM, para pequrban menjadi lebih aman dalam menunaikan ibadahnya dan terhindar dari paparan virus,” ujar Novi Wardi, Direktur Eksekutif BMM, lewat keterangan tertulis kepada Republika.

 

photo
Kurban Prioritas BMM - (Dok BMM)

Sebanyak 902 hewan kurban dengan rincian 726 ekor domba/kambing dan 276 ekor sapi telah disembelih pada tanggal 20 – 23 Juli 2021 di 19 Provinsi dan disalurkan di 35 titik distribusi. Wilayah yang menjadi lokasi penyelenggaraan Qurban Prioritas BMM diantaranya tersebar di provinsi Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, Jawa Barat, DIY, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, NTB, NTT, Maluku, dan Papua.

Selain itu, BMM juga melakukan sinergi dengan berbagai mitra seperti Bank Muamalat Indonesia, Bank Syariah Indonesia, Bank Syariah Bukopin, UPZDK Permata Syariah, PT. Jasa Armada Indoensia Tbk (JAI), BMMA Kawan Baik, Reindo Syariah, Insan Priangan Foundation, Discovery Conserva, Rumpun Nurani, Project Dakwah, RQ Al-Hijrah, Ikatan Alumni UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Yayasan Himmatun Ayat, Yayasan Islamadina, dan mitra-mitra lainnya dalam melakukan distribusi Qurban Prioritas 1442 H.

Salah satu kelompok penerima manfaat Qurban Prioritas menyampaikan, “Kami perwakilan dari karang taruna Dusun Petakeang, Kel. Galung, Kec. Tapalang, Kab. Mamuju, Sulawesi Barat mengucapkan banyak-banyak terima kasih kepada para pequrban dan juga BMM yang telah memberikan masyarakat kami daging qurban. Semoga rezeki para pequrban ditambah dan barokah.”

Wilayah Mamuju sendiri merupakan daerah terdampak bencana gempa bumi dahsyat yang terjadi pada bulan Januari lalu. Kondisi mereka saat ini masih belum stabil dan masih membutuhkan bantuan. Untuk itulah BMM menjadikan wilayah terdampak bencana menjadi salah satu prioritas sasaran distribusi untuk program Qurban Prioritas 1442 H kali ini.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement