Kamis 15 Jul 2021 17:39 WIB

Sayur Asem yang Membuat Istri Tersenyum Manis

Hindarilah obrolan yang tidak bermanfaat dengan suami atau istri.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ani Nursalikah
Sayur Asem yang Membuat Istri Tersenyum Manis. Ilustrasi Suami Istri
Foto:

Dampaknya jika hanya membicarakan sesuatu yang tidak bermanfaat, rahmat pun susah turun karena obrolannya bukan dalam taat kepada Allah SWT. Lantas obrolan sederhana apa di hadapan pasangan yang menunjukkan ketaatan kepada Allah SWT?

Habib Novel menyampaikan, membicarakan masakan yang dibuat pasangan pun termasuk ketaatan kepada Allah. Misalnya, istri masak sayur asem, lalu suami mengomentarinya dengan memuji masakan istri tersebut.

"Suami-istri sedang duduk di meja makan atau tempat makan, makan sayur asem. Suaminya bilang, 'Enak bener ini sayur asemnya. Segar badan jadinya.' Lalu istri menjawab, 'Mas bisa aja, nyindir ini ya.' Suaminya bilang lagi, 'Nggak, enak bener ini.' Kelihatannya memang obrolan biasa, tetapi ini taat," kata Habib Novel mengumpamakan obrolan suami-istri.

Habib Novel kemudian mengutip sebuah riwayat. Nabi Muhammad SAW berkata, "Dudukmu bersama pasangan hidupmu untuk menyenangkan hatinya di jalan Allah ta'ala itu lebih utama dari pada itikaf di masjidku ini satu tahun."

photo
Infografis Adab Pernikahan dalam Islam - (Republika)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement