Kamis 24 Jun 2021 12:58 WIB

Begini Panduan Prokes Sholat Idul Adha dan Qurban

Kemenag menerbitkan panduan penerapan prokes Idul Adha dan Qurban.

Rep: Fuji Eka Permana/ Red: Agung Sasongko
Gedung Kemenag
Foto:

2. Sholat hari raya Idul Adha 10 Dzulhijjah 1442 H/2021 M di lapangan terbuka atau di masjid atau mushola pada daerah zona merah dan oranye ditiadakan.

3. Sholat hari raya Idul Adha 10 Dzulhijjah 1442 H/2021 M dapat diadakan di lapangan terbuka atau di masjid atau mushola hanya di daerah yang dinyatakan aman dari Covid-19 atau di luar zona merah dan oranye, berdasarkan penetapan pemerintah daerah dan Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 setempat.

4. Dalam hal Sholat hari raya Idul Adha dilaksanakan di lapangan terbuka atau di masjid, sebagaimana dimaksud pada nomor tiga, wajib menerapkan standar protokol kesehatan Covid-19 secara ketat dengan ketentuan sebagai berikut.

A. Sholat hari raya Idul Adha dilaksanakan sesuai dengan rukun sholat dan penyampaian khutbah Idul Adha secara singkat, paling lama 15 menit. 

B. Jamaah sholat hari raya Idul Adha yang hadir paling banyak 50 persen dari kapasitas tempat agar memungkinkan untuk menjaga jarak antarshaf dan antarjamaah.

C. Panitia sholat hari raya Idul Adha diwajibkan menggunakan alat pengecek suhu tubuh dalam rangka memastikan kondisi sehat jamaah yang hadir.

D. Bagi orang lanjut usia atau orang dalam kondisi kurang sehat, baru sembuh dari sakit atau dari perjalanan, dilarang mengikuti sholat hari raya Idul Adha di lapangan terbuka atau masjid atau mushola.

E. Seluruh jamaah agar tetap memakai masker dan menjaga jarak selama pelaksanaan sholat hari raya IduI Adha sampai selesai.

F. Setiap jamaah membawa perlengkapan sholat masing-masing, seperti sajadah, mukena, dan lain-lain.

G. Khatib diharuskan menggunakan masker dan faceshield pada saat menyampaikan khutbah sholat hari raya Idul Adha.

H. Sesuai pelaksanaan sholat hari raya Idul Adha, jamaah kembali ke rumah masing-masing dengan tertib dan menghindari berjabat tangan dengan bersentuhan secara fisik.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement