Jumat 18 Jun 2021 05:25 WIB

Naskah Khutbah Jumat: Menjaga Pandangan dan Lisan

Penglihatan dan lisan adalah nikmat yang diberikan Allah SWT.

Naskah Khutbah Jumat: Menjaga Pandangan dan Lisan
Foto:

Kaum Muslimin Jama’ah Jum’at Rahimani wa Rahimakumullah

(أَلَمۡ نَجۡعَل لَّهُۥ عَيۡنَيۡنِ ) Melalui kedua mata yang Allah swt berikan kepada manusia agar mereka dapat menggunakan kenikmatan tersebut dengan sebaik-baiknya. Allah swt memberikan salah satu kenikmatan terbesar yaitu penglihatan yang bertujuan agar manusia dapat melihat kekuasaan Allah dan keagungan-Nya.

Setelah melihat keagungan Allah swt melalui segala penciptaan-Nya, manusia dapat berfikir secara jernih, bahwa Allah swt lah satu satunya Dzat yang harus disembah, sehingga melalui penglihatan tersebut dapat bertambahlah keimanan seorang hamba untuk tetap bertaqarub (mendekatkan diri) kepada Allah swt.

Melalui penglihatan yang baik akan dicerna oleh akal yang baik juga, sehingga muncullah hati yang baik. Ketika hati seorang hamba sudah baik, maka akan baiklah segala amal perbutannya. Maka, jika kita menginginkan hati kita baik atau al-Qalb as-Salim (hati yang selamat), maka mulaillah mensyukuri nikmat Allah swt berupa penglihatan untuk melihat kebaikan dan kekuasaan Allah swt. Bukan malah menggunakan nikmat penglihatan untuk melihat hal-hal yang diharamkan Allah swt atau melihat segala keburukan orang lain.

 

sumber : Suara Muhammadiyah
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement