Selasa 15 Jun 2021 03:23 WIB

Membedah Proyek 560 Masjid di Bangladeh

Bangladesh ingin menjadikan masjid sebagai pusat perbaikan kualitas umat Islam.

Rep: Fuji Eka Permana/ Red: Agung Sasongko
Masjid di kota Rajshahi, Bangladesh
Foto:

Lingkup Potensial

Tujuan dari proyek ini adalah untuk menyebarkan nilai-nilai Islam dan persaudaraan Muslim serta pesan utama Islam melawan terorisme dan ekstremisme. Proyek Masjid Percontohan dilakukan dengan tujuan untuk melembagakan kegiatan penyadaran masyarakat terhadap pengambilan kebijakan dalam proses pembangunan pemerintahan.

Akibatnya, terbuka peluang bagi umat Islam untuk melaksanakan sholat, pendidikan agama, pelatihan, dan kegiatan keagamaan. Kegiatan penyadaran akan dilakukan untuk mencegah berbagai penyakit sosial termasuk narkoba, terorisme dan kekerasan terhadap perempuan.

Masjid-masjid ini juga akan digunakan untuk perluasan pengetahuan dan budaya Islam melalui penciptaan fasilitas infrastruktur fisik. Selain itu, mereka yang bekerja di masjid akan mendapatkan gaji dari pemerintah.

Ada banyak masjid di Bangladesh yang memiliki banyak pendapatan. Namun panitia masjid tidak memberi gaji yang layak Imam dan Muazzin. Sekali lagi, kondisi keuangan di banyak masjid buruk. Tapi sekarang situasinya bisa lebih baik.

Umumnya, masjid-masjid di Bangladesh hanya untuk sholat. Namun, dalam Islam, masjid adalah tempat untuk ibadah dan pendidikan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement