Rabu 26 May 2021 13:36 WIB

27-28 Mei Matahari di Atas Kabah, Cek Lagi Arah Kiblat

Momentum ini dapat digunakan bagi umat Islam untuk memverifikasi kembali arah kiblat.

Rep: Fuji Eka Permana/ Red: Agung Sasongko
Arah kiblat, ilustrasi
Arah kiblat, ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Agama (Kemenag) menyampaikan bahwa matahari akan kembali melintas tepat di atas Kabah pada 27 dan 28 Mei 2021. Sehubungan dengan itu masyarakat bisa mengecek kembali arah kiblat saat matahari tepat berada di atas Kabah.

"Berdasarkan data astronomi, pada Kamis dan Jumat atau 27 dan 28 Mei 2021, matahari akan melintas tepat di atas Kabah," kata Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah (Urais Binsyar) Kemenag, Agus Salim melalui pesan tertulis kepada Republika, Rabu (26/5).

Baca Juga

Agus menerangkan, peristiwa alam ini akan terjadi pada pukul 16.18 WIB atau 17.18 WITA. Saat itu bayang-bayang benda yang berdiri tegak lurus di mana saja akan mengarah lurus ke Kabah.

Menurutnya, peristiwa semacam ini dikenal dengan nama Istiwa A'zham atau Rashdul Qiblah. Yaitu waktu matahari di atas Kabah, di mana bayangan benda yang terkena sinar matahari menunjuk arah kiblat.

 

"Momentum ini dapat digunakan bagi umat Islam untuk memverifikasi kembali arah kiblatnya. Caranya sesuaikan arah kiblat dengan arah bayang-bayang benda pada saat Rashdul Qiblah," ujarnya.

 

 

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement