Senin 24 May 2021 00:35 WIB

Menlu Palestina: Pendudukan Israel Penyebab Seluruh Masalah

Yerusalem tetap menjadi jantung konflik Israel-Palestina.

Rep: Puti Almas/ Red: Ani Nursalikah
Menlu Palestina: Pendudukan Israel Penyebab Seluruh Masalah. Menlu Palestina Riyad al-Maliki.
Foto:

Situasi semakin memburuk saat polisi Israel menyerbu Masjid Al-Aqsha di Kota Tua Yerusalem, yang merupakan situs suci ketiga bagi Umat Islam. Ratusan jamaah yang kebanyakan adalah warga Palestina terluka dalam kejadian ini.

Hamas kemudian meluncurkan roket ke Israel sebagai langkah balasan. Israel kemudian meluncurkan serangan udara ke Jalur Gaza sebagai tanggapan atas serangan tersebut.

Gencatan senjata atas kedua belah pihak yang ditengahi Mesir diberlakukan pada Jumat (21/5). Ini mengakhiri 11 hari pertempuran yang telah menimbulkan korban jiwa, yang mayoritas berasal dari Palestina.

Kementerian Kesehatan Gaza mencatat 279 warga meninggal, termasuk 69 anak-anak dań 40 perempuan. Sementara 1.910 lainnya terluka akibat serangan udara yang diluncurkan Israel di kota itu. Sementara, ada 12 warga Israel yang tewas akibat tembakan roket dari Jalur Gaza. 

Yerusalem tetap menjadi jantung konflik Israel-Palestina. Warga Palestina berharap Yerusalem Timur, yang sekarang diduduki oleh Israel, pada akhirnya dapat menjadi ibu kota negara Palestina di masa depan. 

https://www.aa.com.tr/en/middle-east/palestine-says-jerusalem-core-of-conflict-with-israel/2251162

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement