Kamis 20 May 2021 13:43 WIB

Dua Nasihat Syekh Nawawi Al-Bantani

Dua nasihat Syekh Nawawi Al-Bantani diungkap dalam kitabnya Nasaihul Ibad.

Rep: Ali Yusuf/ Red: Agung Sasongko
Umat Islam melaksanakan shalat (ilustrasi).
Foto:

Syekh Nawawi mengatakan, manusia yang paling dicintai Allah adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain. Amalan yang paling utama adalah menyenangkan hati orang mukmin dengan cara menghilangkan kelaparan dan kesusahan atau melunasi utang.

Syekh Nawawi kembali menyampaikan ada dua perkara yang tidak lebih kotor paling keji/najis, yaitu menyekutukan Allah dan menimbulkan kemudharatan bagi orang-orang Islam.

"Yang dapat membahayakan diri dan hartanya oleh karenanya segala perintah Allah SWT mengarah kepada kedua yaitu mengagungkan Allah, dan memberikan kasih sayang kepada makhlukNya,"katanya.

Diriwayatkan dari Abu Uwais al Qarni ra ia berkata dalam perjalanan aku berjumpa dengan seorang pendeta, kemudian aku bertanya kepadanya. "Wahai pendeta! Pendeta apa yang dapat menaikkan derajat seseorang?"

Pendeta itu menjawab. "Mengembalikan hak-hak orang yang dianiaya dan meringankan dari tanggung jawab, karena amal dan perbuatan yang menghambat tidak akan naik kepada Tuhan, abila dia masih mempunyai tanggungan atau disebut zailim.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement