Ahad 16 May 2021 11:43 WIB

Israel Tak Terkalahkan Hanya Mitos, Hizbullah Membuktikannya

Tentara Israel itu ternyata bukan tak terkalahkan

Tank canggih Merkava Israel kala menyerang Hizbullah di Beirut, pada pertengahan tahun 2000-an. Ternyata meski didukung peralatan canggih Israel hanya mendapatkan hasil yang memalukan. Tentara Israel yang dimitoskan tak terkalahkan ternyata memilih mundur dari Lebanon. Hizbullah mulai saat itu berjaya dan mendapat hati dari rakyat Palestina.  Mereka tak hirau lagi perbedaan mahzan Syiab dan Sunni.
Foto:

             *****

Selanjutnya, ketika keprihatinan internasional tumbuh atas kehancuran tersebut, ada kesibukan manuver diplomatik yang bertujuan untuk menciptakan pasukan penjaga perdamaian.

Tetapi meskipun pada prinsipnya ada dukungan luas, kenyataannya tidak ada negara yang tampaknya ingin mengirim pasukannya sendiri, terutama jika mandatnya adalah untuk melucuti senjata Hizbullah.

Akhirnya, pada hari Jumat, ketika kerumunan orang keluar dari masjid Sunni di Kairo, ibu kota salah satu sekutu utama Amerika, mereka melambaikan poster dengan potret Sheik Nasrallah bersorban hitam berjanggut.

Para jamaah masjid itu berteriak:"Oh, Sunni! Oh, Syiah! Ayo lawan Yahudi," teriak orang banyak. "Orang-orang Yahudi dan Amerika telah membunuh saudara-saudara kita di Lebanon."

A poster of former Iraqi President Saddam Hussein is hung next to... News  Photo - Getty Images

Keterangan foto: Poster mantan Presiden Irak Saddam Hussein (kanan) digantung di sebelah poster Sheikh Hassan Nasrallah, di toko daging Palestina di kamp pengungsi utara Tepi Barat. Poster ini melambangkan bersatunya Islam Sunni dan Syiah melawan zionis Israel. Hamas organisasi Islam bermahzab Sunni didukung Iran yang bermahzab  Syiah.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement