Ahad 16 May 2021 11:43 WIB

Israel Tak Terkalahkan Hanya Mitos, Hizbullah Membuktikannya

Tentara Israel itu ternyata bukan tak terkalahkan

Tank canggih Merkava Israel kala menyerang Hizbullah di Beirut, pada pertengahan tahun 2000-an. Ternyata meski didukung peralatan canggih Israel hanya mendapatkan hasil yang memalukan. Tentara Israel yang dimitoskan tak terkalahkan ternyata memilih mundur dari Lebanon. Hizbullah mulai saat itu berjaya dan mendapat hati dari rakyat Palestina.  Mereka tak hirau lagi perbedaan mahzan Syiab dan Sunni.
Foto:

             *****

Israel telah melewati jalan ini di Lebanon sebelumnya. Pada 1978 dan 1982, mereka menyerang untuk mengusir gerilyawan Palestina dan melakukan kampanye pengeboman besar-besaran yang mendorong banyak Syiah dari selatan ke daerah kumuh di selatan Beirut.

Pendudukan selama 18 tahun di selatan membuat Hizbullah ada. "Hizbullah memiliki waktu 20 tahun untuk mengasah keterampilan dan kebencian mereka terhadap Israel," kata Norton, mantan perwira Angkatan Darat yang bertugas di Perserikatan Bangsa-Bangsa di Lebanon selatan dan mengajar di West Point.

"Kebencian itu diciptakan oleh Israel; itu tidak ada pada awalnya." Rencana pertempuran Israel bertumpu pada kekuatan udara, berharap bahwa pemboman besar-besaran akan menurunkan moral penduduk dan mengubahnya melawan Hizbullah, tak berhasil berhasil.

Nyali Israel Mulai Ciut Hadapi Serangan Pasukan Muslim Hizbullah

Keterangan foto: Pasukan Hizbullah bertempur menghadapi Israel.

Para pejabat Israel pekan lalu tampaknya tidak yakin bagaimana melanjutkannya: mereka mengatakan mereka akan terus mengebom daripada melancarkan serangan darat besar-besaran, Meski begitu mereka masih memanggil sebanyak 30.000 tentara cadangan.

             

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement