Jumat 14 May 2021 16:45 WIB

Cara Menahan Diri Agar tidak Makan Berlebihan Saat Lebaran

Terkadang, tubuh sangat membutuhkan air, bukan makanan.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Ani Nursalikah
Cara Menahan Diri Agar tidak Makan Berlebihan Saat Lebaran
Foto:

11. Jangan makan dengan orang yang cenderung berlebihan. Obesitas, menurut sebuah penelitian baru-baru ini, sedang berkembang pesat (wddty.com)

12. Gunakan aturan dua. Hanya sajikan maksimal dua item di piring kamu. Kamu selalu dapat kembali untuk dua lainnya setelah selesai! Semakin sedikit variasi di piring kamu, semakin sedikit makan berlebihan yang akan kamu lakukan. (Mieszkowski).

13. "Kami makan dengan mata kami, bukan dengan perut kami," kata Prof. Wansink (Mieszkowski).

Faktanya, kita makan 92 persen dari apa yang kita taruh di piring kita. Kecilkan ukuran piring saji, gelas minum, dan piring makan kamu. Selain itu, sajikan makanan kemasan (seperti keripik) sebelumnya untuk melacak jumlah yang kamu konsumsi.

14. Tingkatkan jarak fisik antara kamu dan makanan. Dengan hanya meletakkan coklat di ujung meja atau di dapur, kamu akan mengurangi asupan makanan (Mieszkowski).

15. Simpan kertas dan pulpen di dekat lemari es dan buat catatan. Hentikan kebiasaan makan mekanis kamu dengan menanyakan kepada diri sendiri tiga pertanyaan berikut sebelum kamu meraih makanan.

Bagaimana perasaan saya saat ini? Apa alasan saya ingin makan sesuatu? Apakah makanan yang akan saya konsumsi benar-benar bermanfaat dan bergizi bagi tubuh saya atau apakah saya mencoba mengganti perasaan sakit hati, frustrasi, marah, kecewa atau bosan dengan makan?

 

https://aboutislam.net/muslim-issues/science-muslim-issues/eid-resist-overeating/

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement