Rabu 12 May 2021 04:48 WIB

Peran Penting Masjid Al Rashid Bagi Islam dan Kanada

Masjid Al Rashid merupakan masjid pertama di Kanada.

Rep: Fuji Eka Permana/ Red: Agung Sasongko
Penampakan masjid Al Rashid Kanada terkini.
Foto:

Ekspansi

Pada akhir tahun 1960, terbukti bahwa masjid asli Al Rasyid tidak dapat lagi menampung banyak orang. Selain itu, kota Edmonton menginginkan situs tersebut untuk perluasan rumah sakit. Akibatnya, dewan tersebut membeli tanah dari kota di sisi utara. Pada tahun 1982, masjid Al Rashid baru dibuka, yang lama kosong.

Ketika pemerintah kota mendesak masyarakat untuk memindahkan atau menghancurkan masjid tua, para wanita sekali lagi mengambil tindakan dan mengumpulkan dana untuk memindahkan masjid. Akhirnya, persetujuan diberikan untuk memindahkannya ke situs di lokasi warisan kota, Fort Edmonton Park, di mana ia berada sebagai bagian dari warisan terkenal Edmonton.

Tantangan

Komunitas masjid Al Rashid harus bergulat dengan masalah yang memecah belah seperti dampak internasional dari al-Qaeda atau dukungan Kanada untuk Israel. Namun, dewan masjid telah berusaha untuk fokus mempromosikan ajaran Islam di Kanada.

Di ranah publik yang lebih luas, beberapa anggota memiliki peran yang signifikan. Edward Saddy, yang menjadi presiden dewan pada tahun 1970-an, menjadi hakim Muslim pertama di Kanada. Pada tahun 1986, Larry Shaben menjadi menteri kabinet Muslim pertama di parlemen provinsi di Kanada.

Saat ini, Al Rashid terus menyediakan berbagai layanan sosial, pendidikan, dan publik yang dibangun di atas warisannya yang kaya dan bertingkat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement