Rabu 12 May 2021 04:48 WIB

Peran Penting Masjid Al Rashid Bagi Islam dan Kanada

Masjid Al Rashid merupakan masjid pertama di Kanada.

Rep: Fuji Eka Permana/ Red: Agung Sasongko
Penampakan masjid Al Rashid Kanada terkini.
Foto:

Pertumbuhan Komunitas

Setelah dibangun, jumlah jamaah Masjid Al Rashid terus bertambah. Lokasinya di kota juga menarik perhatian umat Islam yang tertarik dengan peluang keuangan dan pendidikan di Edmonton.

Sejak awal, upaya pendidikan diberi prioritas tinggi. Bahasa Arab diajarkan. Tak lupa pendidikan Islam usia dini seperti belajar membaca Alquran.

Sepanang berdirinya, masjid ini dipimpin imam dari keturunan Lebanon. Imam masjid pertama, Najjib Ailley, seorang pengusaha lokal. Selanjutnya, para imam berasal dari latar belakang pendidikan Ilmu agama. 

Keberhasilan membangun metode pendidikan khusus untuk komunitas menginspirasi sekolah lokal untuk menerapkan kurikulum serupa. Hal tersebut tak lepas dari Lila Fahlman dan Soraya Hafez yang berinisiatif untuk memasukan bahasa Arab dalam sekolah umum di Edmonton. 

Inisiatif pendidikan lain yang dipuji secara luas adalah Akademi Islam Edmonton, yang sekarang menjadi sekolah K-12 utama. Pelatihan bagi mualaf adalah kegiatan pendidikan penting lainnya. Ini membutuhkan perhatian khusus dan para imam yang memiliki keterampilan di bidang-bidang tersebut.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement