Rabu 12 May 2021 04:48 WIB

Peran Penting Masjid Al Rashid Bagi Islam dan Kanada

Masjid Al Rashid merupakan masjid pertama di Kanada.

Rep: Fuji Eka Permana/ Red: Agung Sasongko
Penampakan masjid Al Rashid Kanada terkini.
Foto:

Membangun Masjid Al Rashid

Program pembangunan masjid dimulai pada tahun 1930-an. Sekelompok pebisnis Arab, dipimpin oleh Hilwie Hamdon yang tak tertahankan, tawar-menawar dengan walikota Edmonton, John Wesley Fry, untuk membeli banyak barang di area inti pusat kota Edmonton seharga 5.000 dolar. Penyelenggara menarik populasi Muslim yang tersebar di seluruh padang rumput untuk membantu mendanai pembangunan. 

Hilwie juga beralih dari bisnis ke bisnis di sepanjang Jasper Avenue, mengumpulkan dana untuk pembangunan masjid. Dia menarik dukungan dari semua kelompok agama untuk membantu.

Fokus komunal yang positif ini diwujudkan dengan bakat kuliner para wanita komunitas. Mereka menarik perhatian penduduk kota dengan masakan Timur Tengah mereka selama festival Ramadhan dan Idul Fitri.

Bangunan itu dibuka dengan pujian yang signifikan pada tahun 1938, karena itu adalah masjid pertama di Kanada dan salah satu yang pertama di Amerika Utara.

Desain arsitektur masjid itu unik. Beberapa orang berkomentar bahwa masjid itu memiliki pengaruh Ukraina, tetapi bangunan itu kemungkinan merupakan campuran dari beberapa gaya arsitektur di Edmonton. Desain tersebut kemudian direplikasi di bangunan Islam lainnya di wilayah tersebut.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement