Selasa 04 May 2021 20:59 WIB

Menelusuri Sejarah Perjuangan Muslim Kulit Hitam dari Buku

Ada lima buku yang dapat menjadi referensi bacaan terkait sejarah Muslim kulit hitam.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Agung Sasongko
Sejumlah umat Muslim melaksanakan shalat tarawih di Pusat Komunitas Muslim Chicago, Senin (12/4). Umat Muslim di AS tergolong multietnis dan nasionalitas. Tercatat jumlah umat Muslim Chicago mencapai angka 350 ribu jiwa atau lima persen dari populasi. Terdapat pula penganut Islam yang merupakan warga kulit putih AS dan Hispanik (keturunan latin). Namun, sejak lama Chicago terkenal sebagai wilayah konsentrasi kaum Muslim Afro-Amerika. Meski berbeda bahasa, adat maupun budaya, akan tetapi dalam beberapa kesempatan, terutama pada ibadah shalat serta aktivitas Ramadhan, satu sama lain akan menanggalkan perbedaan untuk bersatu di bawah panji kitab suci Alquran dan sunnah Nabi. Umat Muslim Chicago benar-benar menikmati perbedaan yang ada dan mempererat tali ukhuwah di saat bersamaan. (AP Photo/Shafkat Anowar)
Foto:

1.  Servants of Allah oleh Sylviane Diouf

Lebih dari 30 persen dari semua budak Afrika yang diangkut ke Amerika adalah Muslim. Sebagian besarnya pergi ke Karibia dan Amerika Selatan, terutama Brasil.

Diterbitkan pada 2013, buku Sylviane Diouf, merinci bagaimana orang Afrika yang diperbudak di Karibia dan Amerika melawan supremasi kulit putih. Kemudian juga dalam mempertahankan hubungan dengan orang Afrika lainnya di seluruh diaspora. Selanjutnya dalam beberapa kasus, benua Afrika, mampu menemukan cara untuk mempraktikkan agama mereka di bawah pengawasan ketat. 

Buku tersebut menyoroti beberapa tokoh penting Muslim Hitam di Amerika. Ini termasuk Omar ibn Said dan Bilali Mohamed, baik penulis maupun cendekiawan Islam, yang warisan intelektualnya masih terasa hingga saat ini.

Diouf mencatat bahwa banyak Muslim yang diperbudak adalah tentara terlatih. Mereka menggunakan pengetahuan taktisnya untuk memimpin pemberontakan budak. Misalnya, Pemberontakan Male di Salvador, Bahia, Brasil dipimpin oleh Muslim yang merdeka dan diperbudak selama Ramadhan pada 1835. Sementara para pemberontak pada akhirnya dikalahkan, pemberontakan tersebut memainkan peran penting dalam mendorong Brasil untuk menghapus perbudakan.

 Servants of Allah adalah salah satu buku berbahasa Inggris pertama yang diterbitkan tentang Muslim Afrika dan perdagangan budak transatlantik. Ini bergabung dengan karya dasar Allan D Austin dan Michael Gomez tentang perbudakan Afrika di Amerika. Seperti Gomez, Diouf bergerak melampaui biografi laki-laki Muslim individu untuk mengeksplorasi sifat diaspora Islam di Amerika dan Karibia.

Buku itu menjadi populer setelah 9/11, tiga tahun setelah penerbitan aslinya, karena itu menunjukkan akar panjang Muslim di AS. Ini menantang asumsi bahwa Islam itu asing dan baru di AS. Muslim non-kulit hitam sangat ingin menunjukkan bahwa Islam adalah agama Amerika yang sama seperti agama lainnya.

Menurut Diouf, Servants of Allah membantu orang kulit hitam Amerika melegitimasi hubungan mereka dengan Islam dengan Muslim non-Kulit Hitam, yang mempertanyakan keaslian mereka. Membaca buku di era Black Lives Matter memungkinkan pembaca untuk melihat bagaimana anti-Blackness dan Islamophobia saling berhubungan. Keduanya penting untuk mendirikan Amerika dan Karibia, dan Black liberation terkait dengan mengakhiri Islamophobia.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement