Senin 03 May 2021 00:35 WIB

Masyarakat Kian Semangat Belajar Agama

Semangat masyarakat belajar agama meningkat dalam beberapa tahun terakhir.

Rep: Fuji Eka Permana/ Red: Nora Azizah
Semangat masyarakat belajar agama meningkat dalam beberapa tahun terakhir.
Foto: ANTARA /Feny Selly
Semangat masyarakat belajar agama meningkat dalam beberapa tahun terakhir.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Menteri Agama (Wamenag), KH Zainut Tauhid Sa'adi mengapresiasi tumbuhnya semangat masyarakat untuk belajar agama dalam beberapa tahun terakhir. Namun, Wamenag berharap agar semangat itu tidak hanya berbasis pembelajaran melalui internet dan media sosial yang sulit dipastikan kesesuaian metode pembelajaran, sanad keilmuan, dan kapasitas pengajar agamanya.

"Pendidikan model pesantren dapat menjadi jawaban atas meningkatnya semangat masyarakat untuk belajar agama saat ini," kata Kiai Zainut saat memberi sambutan pada Wisuda SMP dan SMA Pesantren Modern Internasional Dea Malela di Sumbawa asuhan Prof KH Din Syamsuddin, Sabtu (1/5).

Baca Juga

Menurutnya, pembelajaran agama yang keliru terbukti berpengaruh pada munculnya eksklusivisme beragama dan intoleransi. Sehingga berpotensi konflik di tengah masyarakat dan mengancam kesatuan bangsa serta nilai-nilai kemanusiaan. 

Sementara itu, sebagai institusi pendidikan warisan para ulama, pesantren terbukti telah berhasil melahirkan banyak individu unggul di berbagai bidang. Mereka memahami dan mengamalkan nilai ajaran Islam, dengan tetap mengedepankan ilmu dan akhlak, berjiwa mandiri, seimbang, dan moderat. 

Bahkan, kata Wamenag, jauh sebelum kemerdekaan, masyarakat pesantren telah berkontribusi dalam bidang dakwah, pendidikan dan pemberdayaan masyarakat. "Lewat perjuangan dan kepemimpinan para ulama, pesantren mampu memberikan kontribusi besar dalam mendirikan Negara Kesatuan Republik Indonesia," jelasnya.

Kiai Zainut mengatakan, capaian keberhasilan pesantren dalam kontribusi positif kepada bangsa dan negara sangat penting untuk terus dipertahankan. Termasuk tugas pesantren yang tidak kalah penting adalah menjaga dan mengawal moral, akhlak bangsa dan menebarkan pemahaman beragama yang toleran (tasamuh), moderat (tawasuth), seimbang (tawazun), adil dan berkemajuan.

Wamenag yakin bahwa pesantren adalah tonggak utama dalam mengawal moderasi beragama. Moderasi beragama sesungguhnya menjadi solusi antara dua ekstremitas beragama. "Yaitu ekstremitas ultrakonservatif dan ekstremitas liberal," ujar Kiai Zainut.

Wamenag mengucapkan selamat kepada para santri yang diwisuda dan berharap mereka mendapat ilmu yang bermanfaat bagi diri, keluarga dan masyarakat luas. 

Pesan senada disampaikan Pengasuh Pesantren Modern Internasional Dea Malela, Prof Din Syamsuddin. Dia mengingatkan para santri untuk memegang teguh ikrar. Para santri juga harus terus menebarkan ajaran Islam sebagai agama rahmat din ar-rahmah untuk sekalian alam.

Ia mengatakan, para santri bisa menjadi bagian dari ummatan wasathan, umat yang tengahan, adil dan pilihan. Agar menjadi saksi atas perbuatan manusia. Kepada para pengurus, Prof Din berharap Pesantren Modern Internasional Dea Malela bisa menjadi lembaga pendidikan berkeunggulan di tingkat global dalam melahirkan sumber daya insani beriman yang mandiri, kreatif, inovatif dan kompetitif.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement