Selasa 20 Apr 2021 17:48 WIB

Bayar Zakat Mudah dari Rumah Lewat Digizakat

Sebanyak 53 Lembaga Amil Zakat siap menyalurkan zakat kaum Muslimin di Digizakat

Rep: Ali Yusuf/ Red: Karta Raharja Ucu
Ilustrasi Berzakat
Foto: Republika/Mardiah
Ilustrasi Berzakat

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Platform ekosistem gerakan zakat di Indonesia, Digizakat.com menawarkan umat Islam membayar zakat lebih mudah dan cukup dari rumah. Sebanyak 53 Lembaga Amil Zakat (LAZ) nasional, provinsi, dan kabupaten dalam keanggotaan Forum Zakat (FOZ) menjadi member Digizakat dan siap menyalurkan zakat kaum Muslim.

Mariana Suci Swastika, Chief Executive Officer Digizakat.com menjelaskan platform ini adalah jawaban atas tantangan bertransformasi dalam sistem digital yang perkembangannya semakin cepat dari hari ke hari. Khususnya bagi lembaga-lembaga zakat yang sekarang masih mengandalkan sistem manual ketika melakukan kegiatan amilnya.

"Digizakat.com diharapkan mampu dimaksimalkan oleh para lembaga zakat di seluruh Indonesia," kata Mariana saat dihubungi, Republika.co.id, Senin (19/4).

Dengan demikian, kata Mariana, Digizakat.com bukan hanya sekadar platform digital untuk penggalangan dana zakat atau platform pengenalan lembaga-lembaga zakat saja. Digizakat.com juga merupakan wajah gerakan zakat di Indonesia.

Ia berkata, ke depannya, jumlah LAZ yang terkoneksi di Digizakat.com akan terus bertambah seiring dengan kebutuhan umat Islam yang bisa membayar zakat secara praktis melalui lembaga terpercaya. Nantinya, plaform Digizakat.com juga akan mengalami pengembangan melalui fitur-fitur yang nyaman digunakan para lembaga dan juga donatur.

 

Bertepatan dengan Ramadhan 1442 H, Digizakat.com, platform ekosistem gerakan zakat di Indonesia merilis tiga fitur terbaru. Ketiga fitur ini dirancang untuk memenuhi dan mengakomodir kebutuhan jangka pendek dan jangka panjang lembaga-lembaga zakat di Indonesia, khususnya lembaga-lembaga zakat yang sudah terdaftar dalam keanggotaan FOZ.

Ketiga fitur tersebut yakni, pertama Crowdfunding; Digizakat.com menjadi platform penggalangan donasi berjenis zakat, sedekah, wakaf dan kurban yang bisa diakses dengan mudah melalui mobile phone maupun desktop dengan beragam kemudahan kanal bertransaksi. Fitur ini bisa dimanfaatnya seluasnya oleh para member atau lembaga-lembaga zakat yang tergabung dalam FOZ untuk mengkampanyekan program-program mereka.

"Kedua Profiling; fitur berupa halaman profil bagi lembaga zakat untuk mengenalkan lembaganya. Di fitur ini, lembaga-lembaga bisa mengisi data seperti program, artikel, alamat, link sosial media, campaign dan daftar cabang lembaga-lembaga tersebut."

"Ketiga Action Data Share; fitur untuk menghimpun data aktivitas kolaborasi, infografis aksi lembaga-lembaga yang bisa di-share dengan mudah melalui kanal-kanal digital lainnya. Dengan membuka fitur ini, user bisa menemukan beragam aksi lembaga-lembaga zakat melalui berbagai program."

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement