Senin 12 Apr 2021 21:31 WIB

PD Salimah Klaten Gelar Tarhib Ramadhan 1442 H

PD Salimah Klaten rutin menyelenggarakan kegiatan Tarhib Ramadhan.

ada Ahad, (11/4) kemarin, Pimpinan Daerah Persaudaraan Muslimah (PD Salimah) Kabupaten Klaten mengadakan kegiatan Kajian Tarhib Ramadhan 1442 H. Tema yang diangkat:
Foto:

Ketua PD Salimah Klaten, Eni Rejeki, S.Pi mengapresiasi kepada segenap tim atas terselenggaranya kegiatan. "Alhamdulillah kita diberi kemampuan beradaptasi yang luar biasa di era digital, sehingga meski di masa pandemi, kegiatan tarhib ramadhan di tahun ini tetap bisa berjalan melalui zoom meeting," kata dia.

Pembicara pertama, Dr. Hj. Prembayun Miji Lestari menyampaikan beberapa cara untuk mendesain agar ramadhan bisa maksimal. "Banyak jalan menuju Roma, banyak jalan yang bisa dilakukan untuk memaksimalkan bulan puasa. Desain mind set bahwa di bulan puasa Allah mengobral pahala, maka mari kita maksimalkan produktivitas amaliyah. Kedua, managemen puasa dengan melakukan planing kegiatan (harian, pekanan, dan satu bulan), fokus prioritas pada ibadah dan kegiatan-kegiatan produktif, lakukan apa yang menjadi rencana yang ditargetkan, dan mutaba'ah (evaluasi) capaian target.

Desain ketiga, persiapan puasa lainnya seperti persiapan spiritual, fisik-mental, finansial, dan sosial". Sementara itu pembicara ke-dua, dr. Hj. Murtini, Sp.KJ.,M.Kes lebih banyak menyoroti inspirasi agar tetap sehat dan bugar di bulan puasa. 

Menurut beliau, tujuan puasa untuk mencapai kadar ketakwaan, bukan untuk kesehatan. Kesehatan merupakan salah satu manfaat berpuasa. Manfaat puasa diantaranya: mengontrol gula darah, meningkatkan kesehatan jantung, mencegah peradangan, meningkatkan kekebalan tubuh, meningkatkan fungsi otak, menurunkan berat badan, menunda penuaan, mengurangi sakit kepala/migrain, mencegah depresi, dan membantu pencegahan kanker,"kata dia. 

Di akhir acara, Baety Hakimiyah, S.Pd selaku pembawa acara, berharap agar kajian tarhib Ramadhan tersebut bisa menghidupkan kembali semangat untuk memperbanyak amalan dan berfastabiqul khairat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement