Senin 05 Apr 2021 14:18 WIB

UEA Ingatkan Penipuan Sumbangan Palsu Jelang Ramadhan

Portal resmi pemerintah UEA rutin memperbarui daftar organisasi amal yang terdaftar.

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Ani Nursalikah
UEA Ingatkan Penipuan Sumbangan Palsu Jelang Ramadhan. Masjid Syeikh Zayed di Abu Dhabi.
Foto:

Sebagian besar badan amal mengizinkan orang untuk memberikan uang melalui transfer bank, pesan teks, secara langsung atau online.  Pakaian dan barang lainnya juga dapat disimpan di kotak penyerahan sumbangan.

Kementerian Dalam Negeri UEA mengatakan banyaknya kasus masuknya orang asing ke negara tersebut hanya untuk mendapatkan sumbangan selama Ramadhan. Pada 2019, 60 persen dari 243 pengemis yang ditangkap selama Ramadhan menggunakan visa kunjungan.

Sejumlah kampanye telah diluncurkan oleh kementerian untuk memerangi kejahatan mengemis dan meningkatkan kesadaran, dengan orang-orang yang mencurigai suatu badan amal atau individu yang mengumpulkan sumbangan untuk melaporkannya kepada pihak berwenang.

Di Dubai, individu dapat menghubungi 901 atau beberapa nomor lain jika melihat pelanggaran terkait aturan ini. Mereka juga dapat mendaftarkan pengaduan melalui portal ecrime.ae atau melalui layanan Mata Polisi di aplikasi seluler polisi Dubai.

Dalam daftarnya, pemerintah telah menjelaskan beberapa badan amal yang diiizinkan untuk beroperasi. Mereka adalah Bulan Sabit Merah UEA, Emirates Charity, Dubai Cares, otoritas umum soal wakaf Islam, Dar Al Ber Society hingga Beit Al Khair Society.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement