Ahad 04 Apr 2021 16:36 WIB

Santri Al-Amien Sumenep Terbitkan 309 Buku

Santri Al-Amien Sumenep terbitkan 309 judul buku dengan beragam tema.

Rep: Irwan Kelana/ Red: Agung Sasongko
Pesantren Al-Amien Prenduan Sumenep Madura merayakan kelulusan 424 santrinya dengan sebuah karya fenomenal, yaitu menerbitkan 309 judul buku dengan beragam tema.
Foto:

“Kita berharap bahwa mereka memulai sebuah langkah untuk menjadi penulis-penulis yang hebat di masa yang akan datang, dan orang-orang bilang, langkah pertama yang selalu sulit, ketika mereka hari ini, pada saat mereka di wisuda telah memiliki satu atau dua buku karya mereka sendiri, maka buku kedua, ketiga, keempat, kelima, dan seterusnya, insya Allah akan lebih mudah mereka lahirkan di masa-masa yang akan datang," ungkapnya.

Kiai Ghozi berharap kepada generasi yang diwisuda hari ini akan melahirkan penulis-penulis hebat. "Lahir penulis-penulis yang mampu memperjuangkan Islam, menyebarkan nilai-nilai kebaikan melalui tulisan-tulisan mereka, dan hari ini mereka telah memulai langkah untuk menuju kesana,” harapnya.

Sementara itu, Ustadz Maliji Jalali mengatakan, pada tahun ajaran ini, santri kelas akhir yang berjumlah 424 orang yang terdiri dari 186 putra dan 238 putri berhasil mempersembahkan 309 judul buku dengan 230 dari santri putra, dan 79 buku dari santri putri dengan beragam tema dan genre.

Ustadz Maliji menambahkan, buku-buku tersebut ada yang bahas soal pemikiran keislaman, motivasi, kumpulan puisi, kumpulan cerpen, how to, pramuka, astronomi, bahasa Arab, bahasa Inggris, dan tema-tema lainnya. Keragaman tema tersebut sesuai dengan minat dan potensi santri. "Dari 309 buku tersebut sebanyak 115 sudah dilengkapi nomor ISBN," ungkapnya. 

Pada saat wisuda santri kelas akhir yang berlangsung pada Sabtu, 3 April 2021, buku-buku tersebut dilaunching dan dihadiahkan kepada Pimpinan Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan, KH. Ahmad Fauzi Tidjani, Ph.D sekaligus sebagai kado wisuda mereka.

 

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement