Kamis 01 Apr 2021 17:43 WIB

Wapres Dorong Penerapan Moderasi Beragama 

Wapres menilai moderasi beragama dapat mencegah munculnya tindakan diskriminatif

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Agung Sasongko
Wakil Presiden Ma
Foto:

Karena itu, ia juga menyampaikan terimakasih kepada para pemuka agama dan FKUB atas peran dan kontribusinya yang sangat penting dalam menjaga harmoni dan persatuan. Ia mengingatkan, kemajemukan dan keberagaman akan berpotensi menjadi benih perpecahan apabila tidak dijaga dan dirawat dengan baik. 

Namun kemajemukan akan menjadi kekuatan yang besar dan riil untuk membangun bangsa apabila kita bersama-sama menjaga dan merawatnya. Karena itu, Wapres menekankan untuk menjaga keharmonisan bangsa kita yang multi-etnik, budaya dan agama, perlu empat bingkai kerukunan. 

Pertama, bingkai teologis, selalu mengedepankan dan mengembangkan sikap moderasi dalam beragama, menumbuhkan pemahaman teologi kerukunan, bukan teologi konflik. Kedua, bingkai politik, yaitu selalu mengedepankan empat konsensus nasional: Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika.

Ketiga, bingkai sosiologis, yaitu dengan mengedepankan pendekatan kultural dan kearifan lokal, serta bijak dalam berinteraksi sosial. "Keempat, bingkai yuridis, yaitu dengan senantiasa patuh dan taat terhadap seluruh peraturan perundang-undangan yang berlaku," ungkapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement