Jumat 02 Apr 2021 05:55 WIB

Naskah Khutbah Jumat: Moderasi dalam Islam

Janganlah kebencianmu terhadap suatu kaum mendorong kamu berlaku tidak adil.

Naskah Khutbah Jumat: Moderasi dalam Islam
Foto:

Hadirin jama’ah Jum’ah rahimakumullah,

Dengan pilihan jalan tengah atau moderat ini diharapkan kita akan mampu menampilkan diri sebagai seorang muslim yang wajar. Tidak ekstrem dan tidak berlebihan (ghuluw) dalam mengaktualisasikan dan melaksanakan praktik-praktik ajaran Islam dalam kehidupan sosial kita sehari-hari.

Firman Allah:

وَٱبۡتَغِ فِيمَآ ءَاتَىٰكَ ٱللَّهُ ٱلدَّارَ ٱلۡأٓخِرَةَۖ وَلَا تَنسَ نَصِيبَكَ مِنَ ٱلدُّنۡيَاۖ وَأَحۡسِن كَمَآ أَحۡسَنَ ٱللَّهُ إِلَيۡكَۖ وَلَا تَبۡغِ ٱلۡفَسَادَ فِي ٱلۡأَرۡضِۖ إِنَّ ٱللَّهَ لَا يُحِبُّ ٱلۡمُفۡسِدِينَ

Dan carilah pada apa yang telah dianugerahkan Allah kepadamu (kebahagiaan) negeri akhirat, dan janganlah kamu melupakan bahagianmu dari (kenikmatan) duniawi dan berbuat baiklah (kepada orang lain) sebagaimana Allah telah berbuat baik, kepadamu, dan janganlah kamu berbuat kerusakan di (muka) bumi. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berbuat kerusakan. (Al Qashash: 77)”

Dengan ayat ini, Islam benar-benar mengajarkan kepada kita tentang bagaimana seharusnya kita bersikap dalam menghadapi dua faham yang sangat ekstrem. Antara faham materialisme (serba materi) dan faham spiritualisme (serba ukhrawi).

Yaitu seraya menempuh jalan tengah (moderat) dengan berusaha meraih kemulyaan hidup di negeri akherat namun tetap harus berusaha untuk mendapatkan kemuliaan hidup di dunia. Tanpa menempuh jalan ini kita pasti akan mengalami kehidupan yang tidak wajar sehingga bisa menimbulkan kesulitan dan kesengsaraan baik secera pribadi, keluarga maupun orang lain.

Maka, tidak ada jalan lain selain kita harus berbaur dan menyatu dengan sesama umat manusia dalam bentuk kerja sama, tolong menolong, saling menghormati, saling menyayangi dan saling bertoleransi antar sesama umat manusia. Karena tidak ada seorangpun yang bisa hidup dengan baik dan mulia tanpa bantuan dan kerja sama dengan orang lain.

 

 

sumber : Suara Muhammadiyah
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement