Jumat 26 Mar 2021 21:15 WIB

Nikmat Kesehatan yang Membuat Makanan dan Minuman Lezat

Allah SWT memberikan nikmat kesehatan sebagai pangkal kenikmatan

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Nashih Nashrullah
Allah SWT memberikan nikmat kesehatan sebagai pangkal kenikmatan. Makanan sehat (ilustrasi)
Foto:

Doa untuk menjaga kesehatan lain di antaranya adalah sebagaimana riwayat berikut:    

الله العَفْوَ والعافيةَ، فإنَّ أحداً لَم يُعْطَ بعد اليَقين خَيراً من العافية “Mintalah keselamatan kepada Allah, karena sesungguhnya Allah tidak memberikan sesuatu yang paling baik kepada seorang hamba, setelah keyakinan, daripada keselamatan.” (HR Ahmad dan at-Tirmidzi)  

Ini juga dikuatkan hadits ‘Abdullah bin ‘Umar RA berkata, “Rasulullah SAW tidak meninggalkan doa di bawah ini ketika pagi dan petang.

اللَّهُمَّ إنِّي أَسْأَلُكَ العَافِيَةَ فِي الدُّنْيَا وَالآخِرَةِ، اللَّهُمَّ إنِّي أَسْأَلُكَ العَفْوَ وَالعَافِيَةَ فِي دِينِي وَدُنْيَايَ وَأَهْلِي وَمَالِي،اللَّهُمَّ اسْتُرْ عَوْرَاتِي، وَآمِنْ رَوْعَاتِي ، اللَّهُمَّ احْفَظْنِي مِنْ بَيْنَ يَدَيَّ، وَمِنْ خَلْفِي، وَعَنْ يَمِينِي، وَعَنْ شِمَالِي، وَمِنْ فَوْقِي، وَأَعُوذُ بِعَظَمَتِكَ أَنْ أُغْتَالَ مِنْ تَحْتِي

“Ya Allah, sesungguhnya aku meminta kepadamu keselamatan di dunia dan akhirat. Ya Allah, sesungguhnya aku meminta kepadamu ampunan dan keselamatan dalam agamaku, duniaku, keluargaku dan hartaku.Ya Allah tutupilah auratku, tenangkanlah kepanikanku. Ya Allah jagalah aku dari arah depanku, dari arah belakangku, dari kananku, dari kiriku, dari arah atasku. Dan saya berlindung kepada Keagungan-Mu dari dicelakakan dari arah bawahku.” (Hadits sahih riwayat Abu Daud dan Ibnu Majah) 

Salah satu keberkahan kesehatan adalah, pengampunan. Al-Zamakhshari berkata, doa memohon ampunan dosa melalui kesehatan. Ketika mendapatkan sakit dan menderita maka sehat atau pemulihan bisa menjadi tanda diampuninya dosa. Sehingga ketika hari kebangkitan kelak tidak lagi mendapatkan hukuman. 

Al-Hakim mengatakan bahwa bahwa ampunan Allah secara langsung terkait dengan balasan di akhirat sedangkan kesehatan atau pemulihan dari sakit merupakan balasan di dunia.

 

 

Sumber: islamweb

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement