Jumat 19 Mar 2021 08:52 WIB

Ghosting dan Komunikasi Umar Ibn Khattab

Kisah Umar Ibn Khatab Menghadapi Ghosting.

Ghosting dan efeknya bagi seseorang.
Foto:

Sejarah Islam pernah mencatat cara berkomunikasi yang sangat menakjubkan pada masa Khalifah Umar Ibn Khattab. Di tahun ke-14 H, ia mengirimkan pasukan Muslimin dalam dua ekspedisi besar sekaligus.

Satu ke Barat membebaskan wilayah Syam yang waktu itu masih berada di bawah kekuasaan Romawi, dan satu lagi ke Timur untuk membebaskan wilayah Persia. Sementara Sang Khalifah memimpin pergerakan pasukan dari kota Madinah.

Jangan bayangkan hari ini, di mana komandan pasukan ada di Pentagon, Amerika,  bisa memerintahkan menyerang desa-desa terpencil di Afghanistan dengan mudahnya.

Pada waktu itu komunikasi tercepat hanya bisa dilakukan melalui merpati pos. Dan jarak wilayah peperangan dengan Madinah harus ditempuh dengan kuda selama berbulan-bulan.

Khalifah Umar sempat memindahkan pasukan yang dipimpin Khalid ibn Walid yang awalnya ditugaskan ke Persia untuk berbalik arah ke Syam dan membantu pasukan yang dipimpin Abu Ubaidah bin Jarrah yang waktu itu kondisinya terdesak.

Sejarawan banyak berspekulasi tentang bagaimana cara Khalifah berkomunikasi dengan pasukan Muslimin. Karena instruksi yang diberikan detail, seakan ia juga berada di medan jihad.

Seperti larangan untuk menyeberang sungai dan bertahan di Perang Qadisiyyah. Namun,  pasukan kecil yang dipimpin Salit bin Qais tetap menyeberang dari Marwahah, tempat mereka bertahan, ke Qus an-Natif, markas pasukan Persia. Akibatnya, banyak prajurit yang gugur.

Dikisahkan, tiap hari Amirul Mukminin menunggu kabar dari dua pasukan itu di pinggir kota Madinah. Tiap ada musyafir yang melintas, ia akan bertanya, adakah membawa kabar dari peperangan di Syam dan Persia.

Beruntunglah para utusan yang membawa kabar itu amanah. Apa jadinya kalau seperti milienial zaman now yang tiba-tiba ghosting, sehingga kabar pernah tak sampai? 

Jakarta, 17/3/2021

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement