Rabu 17 Mar 2021 05:25 WIB

Alasan Mengapa Kemaksiatan Bisa Dihalau dengan Ilmu

Menuntut, memahami, dan mendalami ilmu merupakan kewajiban setiap Muslim.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Ani Nursalikah
Alasan Mengapa Kemaksiatan Bisa Dihalau dengan Ilmu
Foto:

Yang artinya: “Aku pernah mengadukan kepada Imam Waki (guru Imam Syafii) tentang jeleknya hafalanku. Lalu beliau mengatakan padaku untuk meninggalkan maksiat. Imam Waki berkata ilmu adalah cahaya, dan cahaya Allah tidaklah diberikan kepada para ahli maksiat,”.

Begitu dengan cara menuntut ilmu yang baik dan benar guna mengejar cahaya Allah, maka apabila seseorang mendapatkan ilmu yang ia cari itu, maka ilmunya senantiasa akan menjaga dia. Dalam buku Tujuh Mualaf yang Mengharumkan Islam karya Tofik Pram dijelaskan, tak sedikit para mualaf yang menuntut dan memperdalam ilmu hingga akhirnya mendapatkan cahaya Allah.

Maka tak heran senantiasa dalam hidup para mualaf diberkahi dengan perlindungan atas ilmu yang ia peroleh. Rasulullah SAW pernah menegaskan menuntut, memahami, dan mendalami ilmu merupakan kewajiban setiap Muslim.

Rasulullah berkata: “Barangsiapa yang dikehendaki menjadi orang baik oleh Allah, maka Allah akan memberikan pemahaman kepadanya dalam agama Islam,”. Hadis ini diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Imam Muslim.

Dijelaskan memahami ilmu dapat menjadikan ibadah seorang Muslim menjadi baik dan benar. Ia dapat dijauhkan dari hal-hal yang membatalkan ibadah, dijauhkan pula dari kemaksiatan yang tersebar menggoda di sekelilingnya. Orang yang memiliki ilmu akan mampu membentengi diri dan keluarga dari ajaran-ajaran berbahaya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement