Jumat 12 Mar 2021 08:06 WIB

Naskah Khutbah Jumat: Teman yang Baik

Teman yang baik bukan yang selalu membenarkan setiap tindakan yang kita lakukan.

Naskah Khutbah Jumat: Teman yang Baik
Foto:

Jamaah Jumat Rahimakumullah,

Teman dalam bahasa Arab dikenal dengan beberapa sebutan, masing-masing menunjukkan karakter yang dimiliki, antara lain Zamiil; Shodiiq; Shahib; Kariim, dan sebagainya.

Istilah Zamiil digunakan untuk menyebut teman secara umum, bahkan kepada benda-benda tertentu sekalipun. Makna dasar kata tersebut menunjukkan pada sesuatu yang menyenangkan, menenangkan, dan membuat nyaman.

Dalam Al-Quran ada salah surat dengan nama Al-Muzammil yang berarti orang yang berselimut. Disebut demikian, sebab selimut pada umumnya mampu memberikan kenyamanan. Maka, jika ada orang yang memiliki nama Muzammil berarti ia diharapkan menjadi teman yang menyenangkan atau menenangkan.

Selanjutnya yaitu Shodiiq, ia adalah teman dekat yang selalu mengarahkan kepada kebaikan, kejujuran dan kebenaran sesuai aturan Allah Ta’ala. Lebih dari itu, teman yang datang membela, membenarkan, dan menolong ketika orang lain meragukan bahkan mencela, maka ia kemudian disebut dengan Shiddiiq.

 

Sebagaimana kita tahu Rasulullah SAW memberikan gelar kepada Abu Bakar dengan sebutan Ash-Shiddiiq. Ia tidak hanya sebagai teman dekat dalam kebaikan, namun juga menjadi pembela dengan segala kemampuan dirinya, baik fisik maupun hartanya.

 

sumber : Suara Muhammadiyah
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement