Jumat 05 Mar 2021 07:48 WIB

China Jadi Negara Pertama dengan Seribu Orang Miliarder

Tahun ini ada peningkatan kekayaan terbesar dalam satu dekade terakhir.

Rep: Zainur Mahsir Ramadhan/ Red: Ani Nursalikah
China Jadi Negara Pertama dengan Seribu Orang Miliarder. Warga Kota Beijing memadati pusat jajanan kuno di kawasan Qianmen pada hari pertama liburan Tahun Baru China di Beijing, China, Rabu (10/2/2021). Keramaian di pasar yang dibangun di depan kawasan Kota Terlarang pada era Dinasti Qing itu tidak seperti biasanya karena Pemerintah Kota Beijing tidak memberikan akses bagi wisatawan dari luar kota sebagai upaya penanganan epidemi COVID-19.
Foto:

China dan AS sendiri memiliki 54 persen miliarder dunia. India memiliki miliarder terbanyak ketiga, sementara Jerman dan Inggris melengkapi lima besar.

Dalam top miliarder, CEO Tesla Elon Musk menduduki puncak daftar untuk pertama kalinya dengan nilai kekayaan sekitar 197 miliar dolar AS. Disusul pendiri Amazon Jeff Bezos, orang terkaya tahun lalu, berada di urutan kedua dengan 189 miliar dolar AS.

Edisi ke-10 dari daftar yang dirilis oleh Hurun Report yang berbasis di Shanghai menempatkan kepala eksekutif LVMH Bernard Arnault di urutan ketiga dengan 114 miliar dolar AS. Di usia 72, pengusaha Prancis itu adalah orang tertua di lima besar, termasuk Bill Gates ( 110 miliar dolar AS) di urutan keempat dan Mark Zuckerberg (101 miliar dolar AS) di urutan kelima.

 

"Meskipun ada gangguan yang disebabkan oleh Covid-19, tahun ini ada peningkatan kekayaan terbesar dalam satu dekade terakhir. Dunia belum pernah melihat kekayaan sebanyak ini tercipta hanya dalam satu tahun," kata ketua Laporan Hurun Rupert Hoogewerf.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement