Kamis 04 Mar 2021 19:37 WIB

3 Musuh yang Bisa Jadi Penyebab Lemahnya Iman

Terdapat 3 musuh yang bisa memicu iman sesorang menjadi lemah

Rep: Rossi Handayani/ Red: Nashih Nashrullah
Terdapat 3 musuh yang bisa memicu iman sesorang menjadi lemah. Keimanan/Ilustrasi
Foto:

Mereka iblis bersekongkol untuk memerangi umat manusia, dan mereka senantiasa menghiasinya dengan kepalsuan.

Mereka dapat menghasut manusia dari jalan mana pun, bisa melalui jabatan, uang, dan lainnya. Mereka juga mendorong kepada dosa-dosa kecil agar menjadi dosa besar. 

Allah SWT telah mengabarkan bahwa setan merupakan musuh yang nyata bagi kaum adam, maka orang yang beriman harus senantiasa berjuang keras untuk menyelamatkan dirinya dari godaan setan.

Kedua, dunia dan godaannya. Nabi Muhammad ﷺ bersabda: إن الدنيا حلوة خضرة "Sesungguhnya dunia itu manis dan hijau." Jiwa manusia dapat tergoda akan manisnya kehidupan dunia dari pada nanti di hari akhir. 

Manusia dapat disibukkan dengan dunia ini, sementara untuk urusan akhiratnya menjadi lemah, hatinya menjadi terikat akan kesenangan dunia yang fana ini. Rasulullah ﷺ bersabda: 

فَوَاللَّهِ مَا الْفَقْرَ أَخْشَى عَلَيْكُمْ وَلَكِنْ أَخْشَى عَلَيْكُمْ أَنْ تُبْسَطَ عَلَيْكُمْ الدُّنْيَا كَمَا بُسِطَتْ عَلَى مَنْ كَانَ قَبْلَكُمْ فَتَنَافَسُوهَا كَمَا تَنَافَسُوهَا وَتُلْهِيَكُمْ كَمَا أَلْهَتْهُمْ 

“Demi Allah bukan kemiskinan yang aku takutkan pada kalian, tapi aku takut dunia dibentangkan untuk kalian seperti halnya dibentangkan pada orang sebelum kalian, lalu kalian berlomba-lomba meraihnya sebagaimana mereka berlomba-lomba, lalu dunia itu membinasakan kalian seperti halnya mereka binasa.” (HR Bukhari). 

Ketika hati seorang hamba terikat dengan dunia, maka hubungan mereka dengan akhirat menjadi lemah, dan tentunya ini akan memengaruhi tingkat keimanan seorang hamba.

Ketiga, teman yang buruk. Seorang teman dapat memengaruhi pribadi seseorang, jika temannya buruk maka dia akan memiliki kepribadian yang serupa.

Teman yang buruk tidak ingin kebaikan bagi teman lainnya, dan ini akan melemahkan iman seorang hamba.

Rasulullah ﷺ bersabda إنما مَثَلُ الجليس الصالح والجليس السوء، كحامل المسك ونافخ الكير؛ فحامل المسْكِ إما أن يُحذِيَكَ، وإما أن تبتاع منه، وإما أن تجد منه ريحًا طيبةً، ونافخ الكير إما أن يحرق ثيابك، وإما أن تجد منه ريحًا خبيثة 

"Perumpamaan kawan yang baik dan kawan yang buruk adalah sebagai pembawa minyak misik yang baunya harum dan peniup perapian pandai besi. Pembawa minyak misik ada kalanya memberikan minyaknya padamu, atau engkau dapat membelinya, atau setidak-tidaknya engkau dapat memperolehi mencium  bau yang harum daripadanya. Adapun peniup perapianmu, maka ada kalanya akan membakarkan pakaianmu atau engkau akan memperolehi bau yang busuk daripadanya." (Muttafaqun alaih). 

 

Sumber: islamweb

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement