Jumat 26 Feb 2021 14:00 WIB

2 Mata Umat Islam yang tidak Tersentuh Api Neraka

Terdapat dua jenis mata yang tidak akan tersentuh api neraka

Rep: Rossi Handayani/ Red: Nashih Nashrullah
Terdapat dua jenis mata yang tidak akan tersentuh api neraka. Ilustrasi menagnis
Foto: ANTARA
Terdapat dua jenis mata yang tidak akan tersentuh api neraka. Ilustrasi menagnis

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Setiap hamba menginginkan agar dirinya dapat terhindar dari api neraka. Rasulullah ﷺ telah mengabarkan bahwa ada anggota tubuh yang dapat terhindar dari ancaman siksa ini.

Dikutip dari laman Islamweb pada Kamis (25/2), ada dua mata yang dapat selamat dari api neraka, dari Abdullah bin Abbas RA dia berkata, aku mendengar Rasulullah ﷺ berkata:

Baca Juga

عينان لا تمسهما النار: عين بكت من خشية الله, وعين باتت تحرس في سبيل الله

"Dua Mata yang tidak akan disentuh oleh api neraka adalah mata yang menangis karena takut kepada Allah dan mata yang berjaga dalam perang sabilillah." 

 

Dan dalam riwayat Anas bin Malik RA, Nabi bersabda:

عَيْنَانِ لا تَمَسُّهُمَا النَّارُ أَبَدًا: عَيْنٌ بَاتَتْ تَكْلأُ الْمُسْلِمِينَ فِي سَبِيلِ الله، وَعَيْنٌ بَكَتْ مِنْ خَشْيَةِ الله

"Dua mata yang selamanya tidak akan disentuh oleh api neraka yakni mata yang semalaman menjaga kaum muslimin di peperangan dan mata yang menangis karena takut pada Allah."

Hadist yang telah disampaikan Rasululah ﷺ ini hendaknya menjadi renungan, dan agar seorang hamba senantiasa menangis karena takut kepada Allah SWT. Apabila terhindar dari api neraka, maka ini merupakan kemenangan yang didapat seorang hamba.

Allah SWT berfirman, فَمَنۡ زُحۡزِحَ عَنِ النَّارِ وَاُدۡخِلَ الۡجَـنَّةَ فَقَدۡ فَازَ "Barangsiapa dijauhkan dari neraka dan dimasukkan ke dalam surga, sungguh, dia memperoleh kemenangan" Alquran surat Ali-Imran ayat 185. Untuk itu Rasulullah ﷺ telah mengarahan kepada umatnya cara agar dapat terhidar dari api neraka. 

 

Sumber: islamweb

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement