Rabu 24 Feb 2021 19:02 WIB

Jadi Content Creator Islami di Umma Syiar Digital Indonesia

Event ini merupakan ajang pencarian bakat syiar Islami melalui konten digital

Rep: Fuji E Permana/ Red: Gita Amanda
Aplikasi Muslim Umma bekerja sama dengan Republika menggelar Syiar Digital Indonesia 2021.
Foto:

Syiar Digital Indonesia 2021 mengambil tema "Cakap Digital, Cermat Bersyiar". Adapun rincian ketentuan dan persyaratannya adalah sebagai berikut:

1. Periode Pendaftaran Peserta: Sabtu, 20 Februari 2021 - Minggu, 7 Maret 2021

2. Persyaratan Peserta:

a. Warga Negara Indonesia, berusia 17-35 tahun

b. Kompetisi terbuka untuk umum, baik pria maupun wanita

c. Mengisi formulir pendaftaran yang diakses melalui tautan bit.ly/syiardigital

d. Peserta membuat contoh konten Islami dengan memilih salah satu jenis konten: talkshow (bincang-bincang), tausiyah, storytelling (bercerita), atau murottal Alquran.

e. Konten dibuat dalam bentuk video atau audio dengan format MP3, MP4, FLAC, OGA, OGG, atau WAV, dan berdurasi maksimal 3 menit (File audio maks. 5MB dan file video maks. 25MB). Contoh konten dilampirkan bersama formulir pendaftaran ke alamat email [email protected], atau diunggah melalui Google form yang diakses melalui tautan berikut: bit.ly/syiardigital

3. Total hadiah Syiar Digital Indonesia 2021 untuk 10 besar pemenang adalah uang tunai sejumlah Rp 50 juta serta fasilitas produksi podcast eksklusif (rekaman syiar berbentuk audio) bersama Umma sebanyak 10 episode untuk juara 1, 2 dan 3, dan 5 episode untuk semifinalis 4-10.

Proses seleksi peserta Syiar Digital Indonesia 2021 terdiri atas beberapa tahap. Pada tahap pertama, peserta yang mendaftar akan diseleksi di babak Penyisihan I menjadi 50 orang untuk mendapatkan sesi pelatihan materi konten Islami dan pembuatan konten.

Peserta terpilih pada babak Penyisihan I akan diberikan tema spesifik yang dipilih untuk kemudian membuat 1 episode podcast/video sesuai dengan hasil pelatihan. Selanjutnya akan masuk ke babak Penyisihan II yang akan diseleksi kembali menjadi 20 peserta untuk menuju babak semifinal dan final hingga mendapatkan tiga pemenang. 10 besar peserta yang terpilih masuk ke babak semifinal akan mulai ditampilkan kontennya di aplikasi Umma pada bulan Ramadan 1442 Hijriah.

Dewan juri yang akan menyeleksi dan menilai karya-karya para peserta adalah perwakilan dari Organisasi Masyarakat Nahdlatul Ulama, Muhammadiyah, Dewan Masjid Indonesia, Media Republika dan umma Indonesia yang sekaligus sebagai penyelenggara event.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement