Senin 22 Feb 2021 17:15 WIB

3 Prinsip Meraih Kesuksesan Hidup di Dunia Menurut Islam

Terdapat sejumlah prinsip sukses dalam kehidupan dunia menurut Islam

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Nashih Nashrullah
Terdapat sejumlah prinsip sukses dalam kehidupan dunia menurut Islam. Ilustrasi amal saleh
Foto:

2. Kejar kecukupan rezeki 

Seorang hamba akan diberikan ujian oleh Allah SWT, baik itu dengan kemiskinan atau keberlimpahan harta. Kedua hal ini, bagaimana pun, pada hakikatnya adalah gangguan yang mewarisi rasa cemas dan sedih.

Maka, siapapun yang menghendaki kebaikan dan kemakmuran, Allah SWT akan mencukupi kebutuhannya. Nabi Muhammad SAW sendiri berdoa agar Allah SWT mencukupkan keluarganya dengan sesuatu yang mencukupi mereka. 

Dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda: اللهمّ ارزق آل محمّد قوتا "Ya Allah, berikanlah rezeki untuk keluarga Muhammad (rezeki) yang menguatkan." (HR  Bukhari dan Muslim)

Rezeki adalah sesuatu yang menopang dan mencukupi untuk kehidupan di dunia. Dan setelahnya tidak lagi dibutuhkan. Maksudnya adalah setiap Muslim hendaknya mencegah diri mereka dari keadaan yang akan membebaninya, dan mencegah perasaan yang bisa mengarah pada kemewahan dunia.

Al-Allamah Al-Manawi menjelaskan, kemiskinan ekstrem itu bencana, dan kekayaan yang berlebihan juga bencana. Dan yang terbaik adalah berada di antara keduanya. Itulah juga mengapa Nabi Muhammad SAW berdoa: 

اللهم اجعل رزق آل محمد قوتا "Ya Allah SWT, jadikanlah rezeki keluarga Muhammad sebagai kekuatanku."

3. Bersyukur

Yakinlah terhadap apa yang telah Allah SWT tetapkan. Sebab terkadang ada seorang Muslim yang hidupnya sudah cukup tetapi merasa tidak puas dengan apa yang telah diberikan Allah SWT. 

Dia terus-menerus gelisah dan marah serta siang dan malam selalu mengeluh tentang ketetapan Allah SWT. Dirinya sibuk meminta tambahan. Demikianlah ciri orang yang miskin hati dan jiwa.

 

Sumber: saaid

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement