Rabu 17 Feb 2021 13:31 WIB

Bahasa Arab, Pemersatu Muslim Dunia

Pemersatu Muslim dunia salah satunya bahasa Arab.

Rep: Dea Alvi Soraya/ Red: Muhammad Hafil
Bahasa Arab, Pemersatu Muslim Dunia . Foto:   Seorang santri menulis aksara Arab di sebuah papan bahasa/Ilustrasi
Foto:

Di bawah negara Utsmaniyah pada abad ke-19, bahasa Prancis juga berperan dalam kehidupan dan pemerintahan di kalangan elit Utsmaniyah. Sebagian besar elit telah mengadopsi bahasa Prancis. Mereka juga mengadopsi nilai / selera politik dan budaya Prancis dan keterikatan pada Eropa, yang pada akhirnya menyebabkan penggulingan Sultan Abdul Hamid II dan kehancuran tatanan lama. 

“Hari ini kita dapat melihat dampak budaya, nilai, bahasa saat ini di dunia Muslim bahasa Inggris Amerika seperti yang diungkapkan melalui film, musik, makanan, dan politik. Penggunaan aspek bahasa yang kasar dan vulgar sekarang menjadi hal yang lumrah di antara wacana Muslim secara global. Bahasa itu menciptakan jenis pola pikir dan nilai tertentu, yang dalam banyak kasus bertentangan dengan nilai-nilai Islam,” tulisnya.

“Bahasa dapat menjadi penyebab penyatuan dan penciptaan budaya dan peradaban tinggi, juga sarana perpecahan dan nasionalisme, dan budaya rendah,” sambungnya.

Meskipun Muslim harus bisa belajar dan berbicara bahasa asli mereka, satu-satunya bahasa umum yang mungkin diterima oleh beragam populasi Muslim adalah bahasa Arab. Sama halnya, anak-anak Muslim harus diajari keragaman bahasa agar berhasil di dunia yang terhubung secara global. 

Di Inggris, di sisi lain, kami memiliki situasi yang menyedihkan di mana generasi muda Muslim sekarang bahkan tidak dapat berbicara dalam bahasa negara asal generasi sebelumnya, tulisnya. Di Ayaan kami menyambut baik keputusan baru-baru ini oleh Senat Pakistan, yang menyetujui wajib belajar bahasa Arab, di sekolah dasar dan menengah di Islamabad. Kami berharap kebijakan ini akan diterapkan di seluruh negeri dan di negara-negara mayoritas Muslim lainnya. 

“Jika kita ingin menghidupkan kembali peradaban Islam maka penguasaan bahasa Arab, dan lainnya, harus menjadi yang terdepan dalam kebijakan pendidikan di dunia Muslim,” kata dia.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement