Jumat 05 Feb 2021 04:43 WIB

Hal-Hal yang Perlu Diketahui tentang Hari Jumat

Banyak hadits yang menjelaskan tentang keutamaan hari Jumat.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Hal-Hal yang Perlu Diketahui tentang Hari Jumat. Jamaah mendengarkan khutbah saat ibadah Sholat Jumat di Masjid Al Ukhuwah, Jalan Wastukencana, Kota Bandung, Jumat (15/1). Pemerintah Kota  Bandung memberlakukan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) secara proporsional di tempat ibadah dengan membatasi jumlah jemaah menjadi 50 persen guna mengantisipasi penyebaran Covid-19. Foto: Abdan Syakura/Republika
Foto: ABDAN SYAKURA/REPUBLIKA
Hal-Hal yang Perlu Diketahui tentang Hari Jumat. Jamaah mendengarkan khutbah saat ibadah Sholat Jumat di Masjid Al Ukhuwah, Jalan Wastukencana, Kota Bandung, Jumat (15/1). Pemerintah Kota Bandung memberlakukan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) secara proporsional di tempat ibadah dengan membatasi jumlah jemaah menjadi 50 persen guna mengantisipasi penyebaran Covid-19. Foto: Abdan Syakura/Republika

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Jumat merupakan hari suci bagi umat Islam. Pada hari ini, umat Islam khususnya Muslim laki-laki wajib melakukan sholat Jumat sebagaimana perintah Allah SWT.

"Hai orang-orang beriman! Ketika azan dikumandangkan untuk sholat Jumat (Hari Pertemuan), maka segeralah mengingat Allah, dan tinggalkan jual beli (dan lalu lintas): yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui," (QS. Al-Jumu'ah ayat 9).

Baca Juga

Jumu'ah berasal dari akar kata yang sama yang berarti berkumpul dan berjamaah. Meskipun Jumat bagian dari akhir pekan di kebanyakan negara mayoritas Muslim, tapi tidak seperti Sabat di mana umat Islam tidak dapat bekerja atau pergi ke sekolah. 

"Apabila sholat telah dilaksanakan, maka bubarlah kamu di bumi, carilah karunia Allah, dan banyak mengingat Allah agar kamu beruntung," (QS. Al-Jumu'ah ayat 10).

Rasulullah SAW juga memuliakan hari Jumat. Begitu banyak hadits yang menjelaskan tentang keutamaan hari Jumat 

"Hari terbaik di mana matahari terbit adalah Jumat. Pada hari Jumat Nabi Adam AS diciptakan, dimasukkan ke surga firdaus, dikeluarkan daripadanya," (HR. Muslim).

Rasulullah SAW juga mengatakan, Hari Penghakiman akan terjadi pada hari Jumat. "Sholat lima waktu, dan dari satu Jumat ke Jumat berikutnya merupakan penghapusan dosa-dosa yang di antara semua itu, selama tidak melakukan dosa besar," (HR. Muslim).

Muslim juga dianjurkan mandi pagi pada Jumat dan mengenakan pakaian terbaik mereka lalu pergi sholat Jumat. Sholat Jum'at diwajibkan bagi Muslim laki-laki dan tidak wajib bagi Muslim perempuan. 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement