Sabtu 30 Jan 2021 03:53 WIB

Abu Janda, Denny Siregar, dan Virus Bernama Nirakhlak

Setinggi apapun ilmu seseorang tanpa dibarengi akhlak akan menjadi tidak bernilai.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Friska Yolandha
Setinggi apapun ilmu seseorang tanpa dibarengi akhlak akan menjadi tidak bernilai.
Foto:

Rasulullah SAW bersabda: “Inna likulli dini khuluqan wa khuluqul-Islama al-hayaa-u,”. Yang artinya: “Sesungguhnya setiap agama memiliki akhlak, dan akhlah (orang-orang) Muslim adalah (cirinya) adalah rasa malu,”.

Jangankan untuk berkata-kata tak pantas, orang yang berakhlak dalam Islam pun akan malu apabila menyampaikan hal keliru ke hadapan publik. Rasa malu itu timbul lantaran adanya sikap tanggung jawab atas apa yang disampaikan. Muatan tentang yang disampaikan, dalam Islam tak boleh bebas begitu saja.

Dalam buku Fikih Jurnalistik karya Faris Khoirul Anam dijelaskan, menyuarakan pendapat atau menyampaikan opini tidak bisa lepas dari batasan-batasan yang ada. Batasan-batasan itu diadakan guna menghindari buruk sangka, bergunjing, kabar fitnah, hingga ujaran kebencian yang ada. Apalagi, jika suatu kabar atau pernyataan disebarkan atas dasar menyerukan kebatilan dan kemunkaran, jelas ini dilarang dalam Islam.

Dalam kumpulan artikel mengenai Hak Asasi Manusia dalam Islam karya Ashim Ahmad Ujailah disebutkan, batasan dalam kebebasan itu mencakup dua hal. Pertama, usaha ketundukan pada jiwa dan akal, bukan berdasarkan hawa nafsu. Kedua, perasaan tulus bahwa di luar kebebasan yang dimilikinya terdapat hak orang lain yang juga menjadi kewajiban.

 

Maka jelas adanya, dalam batasan-batasan apa umat Islam harus bersikap. Dalam batasan seperti apa seseorang, siapapun dia, harus menyikapi fenomena sosial yang ada dengan bijak. Tak boleh, sama sekali tak boleh, bagi umat Islam menanggalkan akhlaknya. Baik dalam kemiskinan, kesulitan, kebodohan, atau suasana krisis seperti sekarang, iman dan akal budi harus dijadikan perisai. Jangan sampai virus bernama nirakhlak itu merebak di Indonesia!

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement